TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Daftar Buah yang Perlu Dikonsumsi setelah Keguguran, Bantu Pemulihan

Buah-buahan apa saja yang baik untuk dikonsumsi setelah mengalami keguguran?

Freepik/lifeforstock

Menjaga kehamilan merupakan salah satu hal penting yang dilakukan oleh para calon mama. Namun karena beberapa hal, kehamilan tidak bisa bertahan.

Keguguran umumnya terjadi antara minggu ke-8 dan 13. Meski menyakitkan, Mama juga perlu memulihkan tubuh.

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Salah satunya adalah buah-buahan, Ma. Nah, buah-buahan apa yang perlu dikonsumsi setelah mengalami keguguran?

Pada ulasan kali ini, Popmama.com sudah merangkum informasi tentang buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi setelah keguguran. Apa saja?

Penanganan Keguguran

Freepik/stefamerpik Hanya ilustrasi

Keguguran umumnya dapat terjadi antara minggu ke-8 dan ke-13, ataupun sebelum rentang waktu tersebut, dapat ditandai dengan adanya flek atau perdarahan pada vagina dengan volume darah yang semakin hari semakin banyak, dan dapat pula disertai dengan gejala nyeri atau kram perut.

Penanganannya memang umumnya perlu diatasi dengan kuret untuk membersihkan jaringan sisa pada rahim. Selain itu, membersihkan jaringan sisa di rahim juga bisa dilakukan dengan obat-obatan.

Obat khusus dapat membersihkan rahim dari jaringan sisa jika memang masih ada menurut pemantauan dokter melalui pemeriksaan USG setelah dilakukannya kuret.

Apakah Obat Tradisional, Buah, atau Makanan Tertentu Bisa Membersihkan Rahim setelah Keguguran??

Freepik/lmykola

Kebanyakan cara tradisional umumnya belum memiliki bukti penelitian yang cukup untuk dapat aman diberikan pada pasien. Oleh karena itu, sebaiknya Mama ditangani oleh dokter kandungan yang mengetahui kondisi Mama, ya.

Namun, makanan dan buah-buahan perlu dikonsumsi setelah terjadi keguguran. Alih-alih membersihkan rahim, makanan sehat dan buah-buahan itu bisa mempercepat penyembuhan dan menyiapkan tubuh untuk kehamilan selanjutnya, Ma.

    Buah yang Baik untuk Dikonsumsi setelah Keguguran

    Pexels

    Setelah mengalami keguguran, Mama perlu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, kalsium, dan folat.

    Selain itu, Mama juga perlu mengonsumsi buah-buahan kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan untuk membantu tubuh pulih setelah keguguran.

    Berikut beberapa jenis buah yang baik untuk dikonsumsi setelah mengalami keguguran:

    Jeruk, berry, dan kiwi

    Buah-buahan ini mengandung vitamin C yang penting untuk mendukung proses penyembuhan tubuh, terutama setelah keguguran. Vitamin C mengandung antioksidan yang terbukti mengurangi peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mendukung perbaikan dan regenerasi jaringan.

    Selama keguguran, tubuh mengalami banyak stres fisik dan trauma. Vitamin C dapat membantu mendukung proses penyembuhan alami tubuh dengan mendorong pertumbuhan dan perbaikan jaringan, termasuk rahim dan leher rahim.

    Vitamin C dapat membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif, yang dapat menyebabkan komplikasi selama kehamilan dan keguguran. Nutrisi ini juga penting untuk sistem kekebalan tubuh, yang mungkin melemah selama masa ini.

    Pepaya, alpukat, jambu biji, dan pisang

    Buah-buahan ini mengandung folat yang mendukung proses penyembuhan setelah keguguran. Selama keguguran, folat, jenis vitamin B yang penting, diperlukan untuk perbaikan jaringan dan pembentukan sel darah merah baru.

    Apel

    Apel mengandung magnesium. Magnesium dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat, yang penting untuk memperbaiki dan menyembuhkan jaringan setelah keguguran.

    Bukti juga menunjukkan bahwa asupan magnesium yang lebih tinggi dalam makanan mengurangi risiko depresi, khususnya pada perempuan.

    Mangga

    Mangga termasuk makanan yang mengandung kalsium juga loh. Pada 100 gram mangga terdapat sekitar 11 miligram kalsium. Kalsium sangat penting untuk proses penyembuhan tubuh, terutama setelah keguguran. Mineral ini penting untuk kesehatan tulang, fungsi saraf dan otot, serta pembekuan darah, yang semuanya penting untuk pemulihan setelah keguguran.

    Selama keguguran, tubuh mungkin mengalami kehilangan darah dan nutrisi, termasuk kalsium. Selain itu, perubahan hormon dapat memengaruhi metabolisme kalsium dan meningkatkan risiko kekurangan kalsium.

    Sawo, cranberry, blackberry, raspberry, jambu merah, persik, delima, nangka, stroberi

    Buah-buaha ini mengandung vitamin E. Vitamin E merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu pemulihan pasca keguguran.

    Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin E dapat mengurangi peradangan, mempercepat penyembuhan jaringan, dan mendukung fungsi kekebalan tubuh, yang dapat membantu setelah keguguran.

    Itu buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi setelah keguguran. Selain itu, Mama juga perlu memeriksakan diri ke dokter agar kesehatan bisa selalu dipantau, ya.

    Baca juga:

    Topic:

    The Latest