TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Doa untuk Janin yang Keguguran sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Doa berikut bisa dipanjatkan setelah mengalami keguguran, Ma

Freepik/rawpixel.com

Sebagai orangtua, Mama berharap kehamilan berjalan dengan lancar hingga waktunya melahirkan nanti. Namun karena beberapa hal, Mama mengalami keguguran.

Selain mengembalikan kondisi kesehatan, orangtua yang mengalami keguguran biasanya akan memanjatkan doa. Salah satu doanya adalah doa untuk janin yang keguguran.

Pada ulasan berikut ini, Popmama.com sudah merangkum doa untuk janin yang keguguran sesuai ajaran Rasulullah SAW. Semoga doanya bermanfaat, ya, Ma.

Doa untuk Janin yang Keguguran sesuai Ajaran Rasulullah SAW

freepik/rawpixel.com Doa untuk Janin yang Keguguran sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Setelah mengalami keguguran, Mama bisa mendoakan janin.

Berikut bacaan doa untuk janin yang keguguran dari Rasulullah SAW:

مَا مِنْ عَبْدٍ تُصِيبُهُ مُصِيبَةٌ فَيَقُولُ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أْجُرْنِى فِى مُصِيبَتِى وَأَخْلِفْ لِى خَيْرًا مِنْهَا إِلاَّ أَجَرَهُ اللَّهُ فِى مُصِيبَتِهِ وَأَخْلَفَ لَهُ خَيْرًا مِنْهَا ». قَالَتْ فَلَمَّا تُوُفِّىَ أَبُو سَلَمَةَ قُلْتُ كَمَا أَمَرَنِى رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَأَخْلَفَ اللَّهُ لِى خَيْرًا مِنْهُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-.

Maa min ‘abdin tushibuhu mushibatun fa yakulu, innalillahi wa inna ilaihi raajiunallahumma jurnii fii mishibatii wa akhlif lii khairan minhaa illaa ajarahullahu fii mushibatihi wa akhlafa lahu khairan minhaa. Qaalat falammaa tuwuffii abuu salamataqultu kamaa amranii Rasulullahi Shalallaahu Alaihi Wassalaam. Fa akhlafa wallahu lii khairan minhu Rasulullahi Shalallaahu Alaihi Wassalaam.”

Artinya:

“Siapa saja dari hamba yang tertimpa suatu musibah lalu ia mengucapkan: Segala sesuatu adalah milik Allah dan akan kembali pada-Nya. Ya Allah, berilah ganjaran terhadap musibah yang menimpaku dan berilah ganti dengan yang lebih baik. Maka Allah akan memberinya ganjaran dalam musibahnya dan menggantinya dengan yang lebih baik. Ketika Abu Salamah (suamiku) wafat, aku pun menyebut doa sebagaimana yang Rasulullah SAW perintahkan padaku. Allah pun memberiku suami yang lebih baik dari suamiku yang dulu, yaitu Rasulullah SAW.”

Doa untuk Janin yang Keguguran

Pexels/Pavel Danilyuk Doa untuk Janin yang Keguguran

Selain doa di atas, ada doa lain yang bisa Mama panjatkan untuk janin yang keguguran. Doa ini berisi rasa tawakal kepada Allah atas takdir yang diterima oleh Mama.

Mama bisa membaca surat Al Baqarah ayat 156:

"Alladziina idzaa ashoo bathum qaaluu, Inna lillahi wa innaa ilaihi raaji’uun."

Artinya: Yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata, sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali.

Mama juga bisa melengkapinya dengan doa berikut ini:

"Innalillahi wa inna ilahi raji'un, wa inna ila rabbina lamunqalibun, allahummaktubhu indaka fil muhsinin, waj'al kitabahu fi'illiyyin, wakhlufhu fi ahlihi fil ghabirin, wa la tahrimnaa ajrahu wala taftinna ba'dahu."

Artinya: Sesungguhnya kamu milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali. Dan sesungguhnya kepada Tuhan kami kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk golongan orang-orang yang baik. Jadikanlah catatannya di illiyyin. Gantilah ia di keluarganya dari orang-orang yang meninggalkan. Janganlah Engkau haramkan bagi kami pahalanya dan janganlah Engkau beri fitnah kepada kami sesudahnya.

Doa agar Mama dan Papa Diberi Ketabahan

Pexels/Monstera Doa agar Mama dan Papa Diberi Ketabahan

Mengalami keguguran tentu membuat orangtua sedih. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan berdoa.

Mama bisa memanjatkan doa berikut ini:

"Allahumma'jurni fi mushibati wa akhlif li khoiran minha."

Artinya: Ya Allah, berikanlah ganjaran terhadap musibah yang menimpaku dan berilah ganti yang lebih baik.

"Inna lillahi wa inna ilaihi rooji’un. Allahumma’jurnii fii mushibatii wa akhlif lii khoiron minhaa."

Artinya: Segala sesuatu adalah milik Allah SWT dan akan kembali kepada-Nya. Ya Allah, berilah ganjaran terhadap musibah yang menimpaku dan berilah ganti dengan yang lebih baik.

Nah, itu doa untuk janin yang keguguran sesuai ajaran Rasulullah SAW. Semoga doa-doa ini bisa membantu Mama mengatasi rasa sedih dan kehilangan setelah mengalami keguguran, ya.

Baca juga:

The Latest