TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Janin 3 Bulan Apakah Sudah Bernyawa?

Di bulan ketiga banyak perkembangan yang terjadi pada janin

Pixabay/Medical Prudens

Janin di dalam kandungan akan terus tumbuh dan berkembang dari minggu ke minggu dan bulan ke bulan. Jika sekarang usia kehamilan Mama sudah masuk minggu ke-9 atau bulan ketiga, Mama tentunya penasaran dengan apa saja perkembangan yang terjadi pada janin, kan?

Nah, di bulan ketiga ini banyak sekali perkembangan yang terjadi pada janin, seperti tangan dan kaki yang sudah terbentuk dan berkembangnya organ dalam janin.

Selain perkembangan fisiknya, pernahkah Mama juga penasaran mengenai janin 3 bulan apakah sudah bernyawa?

 Berikut Popmama.comtelah rangkum jawabannya untuk Mama. Yuk, disimak!

Tahapan Prenatal

Pixabay/sbtlneet

Tahapan prenatal merupakan tahapan perkembangan seorang manusia sebelum lahir. Tahapan prenatal dimulai dari pembuahan yang terjadi ketika sel telur dan sel sperma bertemu hingga akhirnya lahir.

Mengutip dari Cleveland Clinic, terdapat tiga tahapan prenatal, yaitu tahap geminal, tahap embrionik, dan tahap fetal. Berikut penjelasannya:

  • Tahap Geminal

Tahap geminal dimulai dari pembuahan, yaitu ketika sel telur dan sel sperma bertemu dalam tuba falopi. Sel telur dan sel sperma yang bersatu kemudian akan membentuk sebuah sel yang bernama zigot. Lalu, zigot akan melakukan perjalanan menyusuri tuba falopi menuju rahim.

Perjalanan zigot dari tuba falopi ke rahim menghabiskan waktu sekitar satu minggu. Selama perjalanan ini, zigot membelah berkali-kali, yang pada akhirnya menciptakan dua struktur yang terpisah. Satu struktur akan menjadi embrio (nantinya akan menjadi janin) dan struktur lainnya menjadi plasenta.

  • Tahap Embrionik

Tahap embrionik berlangsung sekitar dari minggu ketiga hingga minggu kedelapan kehamilan. Pada tahap ini, semua bagian tubuh yang penting seperti struktur dan organ tabung saraf (yang akan menjadi otak dan sumsum tulang belakang), kepala, mata, dan mulut sudah mulai terbentuk.

Selain itu, pada tahap ini juga jantung sudah mulai berkembang dan berdenyut. Tunas yang akan menjadi lengan dan kaki juga akan mulai terbentuk.

  • Tahap Fetal

Tahap fetal dimulai sekitar minggu kesembilan dan berlangsung hingga kelahiran. Pada tahap ini, embrio secara resmi berubah menjadi janin. Di tahap ini janin mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat.

Perkembangan yang terjadi pada tahap fetal yaitu, tabung saraf sudah berkembang menjadi otak dan sumsum tulang belakang, janin sudah mendapatkan jenis kelamin, janin mulai bisa bergerak, dan janin bisa mengedipkan mata. Selain itu, kuku, bulu mata, dan rambut juga mulai tumbuh.

Perkembangan Janin 3 Bulan

freepik/senivpetro

Bulan ketiga janin merupakan minggu ke-9 hingga minggu ke-12 kehamilan. Mengutip drai Cleveland Clinic, berikut perkembangan yang terjadi pada janin tiga bulan:

  • Minggu ke-9: otot-otot tubuh, gigi, dan indra pengecap mulai terbentuk. Di minggu ke-9, detak jantung janin kemungkinan sudah mulai dapat didengar melalui USG doppler.
  • Minggu ke-10: sudah terbentuk tangan, jari tangan, kaki, jari-jari kaki, dan kuku. Telinga bagian luar juga sudah terbentuk sempurna. Di minggu ini, alat kelamin mulai terbentuk, tapi belum dapat terlihat melalui USG.
  • Minggu ke-11: janin bisa membuka dan menutup kepalan tangan dan mulut. Lalu, tulang-tulang janin mulai mengeras dan fitur wajah sudah lebih terlihat bentuknya.
  • Minggu ke-12: organ dalam janin sudah berkembang, sistem peredaran darah dan sistem pencernaan janin sudah mulai berfungsi. Tak hanya itu, saluran kemih juga sudah berfungsi dan hati dapat memproduksi empedu. 

Janin 3 Bulan Apakah Sudah Bernyawa?

Freepik/freepik

Sebagai informasi, jantung janin mulai terbentuk dan mulai berdetak di minggu kelima kehamilan. Lalu, penelitian dari Current Cardiology Reports menyatakan bahwa jantung janin akan terbentuk sempurna saat memasuki usia sembilan minggu atau di bulan ketiga kehamilan.

Meski jantung janin sudah berdetak di minggu kelima kehamilan, suara detak jantungya baru bisa terdengar melalui USG di minggu ketujuh atau di minggu ke-10 kehamilan.

Nah, dari informasi diatas dapat disimpulkan bahwa janin tiga bulan sudah bernyawa, Ma. Janin sudah mulai bernyawa ketika jantungnya sudah terbentuk dan berdetak.

Namun, menurut pandangan agama islam, janin tiga bulan belum bernyawa. Dalam sebuah buku berjudul Hukum Kesehatan tentang Hukum Malapraktik Tenaga Medis yang ditulis oleh Sutan Remy Sjahdeini, disebutkan bahwa janin memiliki ruh atau bernyawa ketika janin telah berusia 120 hari atau 4 bulan kehamilan.

Itu tadi informasi mengenai janin 3 bulan apakah sudah bernyawa. Semoga informasi ini bermanfaat, Ma.

Baca juga:

The Latest