TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Fakta Inositol untuk PCOS dan Program Hamil Lancar

Ingin tahu bagaimana inositol bisa mendukung program hamil? Temukan 7 faktanya di sini!

Freepik

Inositol merupakan gula yang dibuat di dalam tubuh yang dapat ditemukan di dalam makanan. Biasanya dapat terbentuk dalam sembilan bulan. 

Mama yang sedang menjalankan program hamil psti memiliki kekhawatiran tersendiri, biasanya pasti mengalami stress dan kondisi mental yang kurang baik. 

Pasti terasa berat sekali ya, Ma? 

Nah, inositol ini dapat menangani hal-hal tersebut Ma. Salah satu yang membuat inositol mampu memperlancar program hamil adalah, ia mampu menyeimbangkan bahan kimia dalam tubuh untuk membantu kondisi mental seperti gangguan panik, depresi, dan gangguan obsesif-kompulsif. 

Berikut ini Popmama.com telah merangkum fakta menarik terkait inositol untuk PCOS dan program hamil lancar.

1. Meningkatkan sensitivitas insulin

Freepik/user18526052

Salah satu masalah utama pada Mama yang mengidap PCOS adalah resistensi insulin. Inositol, terutama myo-inositol dan D-chiro-inositol, dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin. 

Yang mana dapat mengurangi kadar insulin yang berlebih, menormalkan produksi hormon, dan mengurangi gejala PCOS seperti pertumbuhan rambut yang berlebih dan jerawat yang mengganggu. 

Mama juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin ini dengan konsumsi inositol, tetapi perlu dicatat ya, Ma. Bahwa peningkatan sensitivitas insulin bergantung juga dengan bagaimana Mama menjalani pola hidup yang sehat dan teratur.

2. Mendukung kesuburan

Freepik/jcomp

Ketidaksuburan merupakan tantangan besar bagi Mama pastinya, terutama yang memiliki PCOS, sering kali mengalami masalah ovulasi dan siklus menstruasi yang tidak teratur. 

Myo-inositol telah terbukti efektif dalam meningkatkan frekuensi ovulasi dan peluang kehamilan pada Mama dengan PCOS. 

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa kombinasi myo-inositol dan D-chiro-inositol dalam rasio tertentu dapat memberikan manfaat tambahan dengan meningkatkan kualitas sel telur dan membantu mengatur siklus menstruasi secara lebih konsisten. 

Tentunya, melalui cara ini inositol dapat mendukung fungsi reproduksi Mama secara keseluruhan dan meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan. 

3. Aman dan minim efek samping

Freepik/jcomp

Selain mendukung kesuburan, inositol juga dikenal memiliki profil keamanan yang tinggi, dengan efek samping yang minim, seperti mual atau gangguan pencernaan, yang umumnya hanya terjadi pada dosis tinggi. 

Hal ini menjadikannya pilihan yang aman untuk Mama dengan penggunaan jangka panjang dalam mengelola PCOS. 

Meskipun begitu, sangat penting ya, Ma. Untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai konsumsi inositol, terutama jika Mama memiliki kondisi kesehatan khusus atau dengan mengonsumsi obat lain. 

4. Mengurangi gejala kecemasan dan depresi

Freepik

Mama yang memiliki PCOS sering menghadapi kondisi kesehatan mental yang kurang stabil, seperti kecemasan dan depresi, yang dapat memperburuk kesehatan Mama. 

Inositol juga dikenal memiliki efek positif dalam mengurangi gejala-gejala kesehatan mental tersebut, karena salah satu kelebihannya adalah memengaruhi sistem neurotransmitter dan proses biokimia di otak.

Sehingga, inositol tidak hanya memberikan manfaat dalam mengelola gejala fisik PCOS, tetapi juga membantu meningkatkan kesejahteraan emosional, memberikan pendekatan yang lebih holistik dalam menangani PCOS.

5. Meningkatkan kesehatan metabolik

Freepik/lookstudio

Tidak hanya itu, inositol juga penting untuk meningkatkan metabolisme lemak dan regulasi gula darah yang memainkan peran kunci dalam mengelola PCOS.

Bukan sekedar membantu mengatasi gejala PCOS, inositol juga mendukung kesehatan metabolik secara keseluruhan dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur kadar gula darah.

Dilansir dari Web Health Dine, inositol berkontribusi pada penurunan risiko pengembangan diabetes tipe 2, menjadikannya tambahan yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan jangka panjang. 

6. Inositol menawarkan pendekatan holistik untuk mengelola PCOS

Freepik

Semakin berkembang, pendekatan holistik dan komprehensif banyak dilakukan di berbagai jenis pengobatan medis. Inositol menjadi salah satu yang menawarkan pendekatan holistik, mendalam, dan luas dalam mengelola PCOS. 

Selain membantu mengatasi gejala fisik PCOS, inositol juga berkontribusi pada kesejahteraan emosional dan kesehatan metabolik, sehingga dapat secara signifikan meningkatkan kualitas hidup bagi Mama yang mengalaminya. 

7. Dapat disesuaikan dengan kebutuhan program hamil

Freepik/jcomp

Sebagai informasi terkahir, inositol hadir dalam berbagai bentuk suplemen yang dapat disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan pribadi Mama. 

Dengan fleksibilitas ini, Mama dapat memilih bentuk yang paling sesuai, baik kapsul, tablet, atau bubuk, untuk memaksimalkan manfaatnya dalam mengelola PCOS dan mendukung program hamil.

Nah, itulah tujuh fakta inositol untuk PCOS dan program hamil lancar. 

Tertarik untuk mencoba, Ma?

Baca juga:

The Latest