TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Menu Sarapan yang Tingkatkan Kesuburan untuk Mama, Dukung Promil!

Ini menu sarapan yang bisa tingkatkan kesuburan mama!

jaroflemons.com

Mama, pernahkah terbayang bahwa sarapan yang Mama konsumsi bisa jadi kunci untuk mendukung program hamil (promil)? Sarapan bukan hanya sekadar rutinitas pagi hari yang sering kita anggap sepele.

Nyatanya, makanan yang kita pilih saat sarapan juga memiliki peran penting dalam mempersiapkan tubuh agar mendukung kehamilan. Bagaimana tidak, kandungan nutrisi dalam menu sarapan Mama bisa memberikan dorongan signifikan bagi sistem reproduksi.

Berikut Popmama.com hadirkan berbagai menu sarapan yang tingkatkan kesuburan. Jadi, jika Mama sedang berencana untuk memiliki si Kecil, bisa terapkan gaya hidup ini, ya! 

1. Chia Pudding dengan buah segar

Freepik/freepik

Chia pudding adalah pilihan sarapan yang kaya serat dan Omega-3, sangat bermanfaat untuk mendukung kesuburan. Tambahkan buah segar seperti kiwi atau pisang untuk asupan vitamin C dan antioksidan yang penting dalam menjaga kualitas sel telur.

Menurut Journal of Food Science and Technology, chia seed yang kaya akan serat dan asam lemak Omega-3 dapat membantu menstabilkan hormon reproduksi dan meningkatkan kesuburan.

2. Roti gandum untuk dengan selai kacang

Pexels/Pegal

Roti gandum utuh adalah sumber serat dan karbohidrat kompleks yang baik, yang membantu menjaga keseimbangan hormon dan mendukung ovulasi. Selai kacang, di sisi lain, mengandung protein dan lemak sehat yang penting untuk produksi hormon yang seimbang.

Menurut European Journal of Clinical Nutrition, diet tinggi serat dari roti gandum utuh dapat menurunkan kadar estrogen yang berlebihan, yang seringkali menjadi penghalang dalam proses kehamilan.

3. Oatmeal dengan topping kacang-kacangan

Freepik/user788993

Oatmeal adalah sumber karbohidrat kompleks yang melepaskan energi secara perlahan, sehingga membantu menjaga kadar gula darah stabil. Gula darah yang seimbang penting untuk keseimbangan hormon reproduksi.

Topping kacang-kacangan seperti almond atau kenari bisa menambahkan asupan lemak sehat yang juga berperan dalam mendukung kesuburan.

Berdasarkan penelitian dari Harvard T.H. Chan School of Public Health, asupan kacang-kacangan yang kaya akan lemak sehat dapat meningkatkan kualitas sel telur dan mendukung kesuburan.

4. Salmon panggang dengan sayuran hijau

Cookpad.com/Isna Fauzia Rahmah

Sarapan dengan protein hewani berkualitas seperti salmon yang kaya Omega-3 bisa menjadi dorongan besar untuk kesuburan. Ditambah dengan sayuran hijau seperti brokoli atau kale yang kaya akan vitamin dan mineral, menu ini sangat mendukung kesehatan reproduksi.

Dilansir dari Nutrients, konsumsi ikan berlemak seperti salmon dapat meningkatkan kualitas sel telur dan membantu memperbaiki lingkungan hormon dalam tubuh. Jika bosan, Mama bisa ganti cara masaknya seperti dibikin jadi sushi. 

5. Smoothie bayam dan alpukat

Freepik

Smoothie yang terbuat dari bayam dan alpukat bisa menjadi pilihan sarapan yang lezat sekaligus bergizi. Bayam kaya akan asam folat, yang penting untuk perkembangan sel telur yang sehat, sementara alpukat menyediakan lemak sehat yang membantu penyerapan nutrisi penting lainnya.

Fertility and Sterility melaporkan bahwa asupan asam folat yang cukup berhubungan dengan penurunan risiko masalah ovulasi dan peningkatan kesuburan. Dengan rutin mengonsumsi bayam dan alpukat di pagi hari, tidak memberikan energi tetapi juga mendukung promil. 

6. Telur Omega-3

Freepik/jcomp

Telur, terutama yang diperkaya dengan Omega-3, adalah salah satu pilihan terbaik untuk sarapan. Omega-3 membantu meningkatkan kualitas sel telur dan memperbaiki sirkulasi darah ke organ reproduksi, yang tentunya mendukung kesuburan.

Menurut studi dari American Society for Reproductive Medicine, asupan asam lemak Omega-3 yang cukup dapat meningkatkan peluang kehamilan pada perempuan. Mama dapat buat menjadi telur mata sapi, telur dadar, telur rebus, dan lain-lain. 

7. Yogurt greek dengan buah berry

jaroflemons.com

Yogurt Greek kaya akan protein dan probiotik, yang penting untuk menjaga keseimbangan hormon dan kesehatan usus. Keseimbangan hormon yang baik sangat penting dalam proses ovulasi.

Ditambah dengan buah beri seperti blueberry atau strawberry yang kaya antioksidan, sarapan ini bisa menjadi kombinasi sempurna untuk mendukung promil.

Dilansir dari Journal of Nutrition, probiotik dalam yogurt dapat membantu meningkatkan kesehatan reproduksi dengan mendukung flora usus yang sehat. Apakah Mama tertarik? 

Itu dia deretan rekomendasi menu sarapan yang tingkatkan kesuburan untuk Mama saat menjalankan promil bersama Papa. Semoga bermanfaat, ya! 

Baca juga:

The Latest