TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Pilihan Jus Sayur yang Ampuh Tingkatkan Kesuburan Rahim Mama

Nggak cuma buah, sayur juga bisa dibikin jadi jus untuk kesuburan rahim mama!

Pixaby/Silviarita

Mama lagi mencari cara supaya rahim mama semakin subur dan siap buat mengandung si Kecil? Nah, ternyata selain juas buah, jus sayur juga bisa jadi solusi mama, lho. Bayangkan, dengan minum jus-jus ini, Mama nggak cuma dapat kesegaran tapi juga kesehatan yang lebih baik untuk rahim.

Ada banyak sayuran yang baik untuk kesehatan reproduksi dan diolah menjadi jus, sehingga kalau Mama bosan dimakan secara langsung, dibuat jus akan menjadi cara yang asyik. Penasaran sayuran apa saja yang baik untuk rahim perempuan?

Berikut informasi dari Popmama.com mengenai 7 pilihan sayur yang ampuh untuk tingkatkan kesuburan rahim mama. Yuk, baca di bawah ini!

1. Jus bit

Stock Adobe/Daniel Vincek

Jus bit mengandung betaine dan nitrat yang bisa meningkatkan aliran darah ke rahim. Bit membantu memperbaiki kesehatan endometrium dan kaya akan antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Menurut Journal of Nitric Oxide, Biology and Chemistry, jus bit baik diminum pagi atau sore hari sebanyak 1-2 kali sehari. Selain untuk kesuburan, jus bit juga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan tekanan darah.

2. Jus brokoli

Freepik

Selain dapat dibuat sop, brokoli ini dapat dibuat jus yang kaya akan vitamin C dan folat yang sangat penting untuk kesehatan reproduksi. Brokoli mengandung sulforaphane yang membantu detoksifikasi tubuh.

Menurut penelitian dalam jurnal Nutrients, jus brokoli cocok diminum siang atau malam hari sebanyak 1 kali sehari. Selain meningkatkan kesuburan, jus brokoli juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan kanker, lho.
 

3. Jus kentang

Instagram.com/donnasitohang

Jus kentang mengandung vitamin B6 yang membantu mengatur hormon. Potasiumnya juga mendukung fungsi ovarium yang sehat atau juga dapat memaksimalkan reproduksi perempuan.

Berdasarkan Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, jus kentang baik diminum pagi hari sebanyak 1 kali sehari. Selain itu, jus kentang juga bisa membantu menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung.

4. Jus kubis atau jus kol

Freepick/Racool_Studio

Jus kubis atau jus kol yang kaya akan vitamin K dan folat yang penting untuk kesuburan. Kubis mengandung diindolylmethane yang membantu menjaga keseimbangan hormon.

Menurut Nutrition Reviews, jus kubis baik diminum siang hari sebanyak 1-2 kali sehari. Selain untuk kesuburan, jus kubis juga bagus untuk kesehatan pencernaan dan detoksifikasi tubuh.

5. Jus mentimun

Freepik/jcomp

Nggak cuma jadi lalapan,jus mentimun ini memiliki kandungan air yang tinggi, membantu hidrasi tubuh yang penting untuk kesehatan sel reproduksi. Mentimun juga mengandung antioksidan yang melawan radikal bebas.

Berdasarkan Journal of Nutrition, jus mentimun cocok diminum pagi atau sore hari sebanyak 1-2 kali sehari. Selain untuk kesuburan, jus mentimun juga baik untuk kulit dan membantu mengurangi bengkak.

6. Jus Seledri

Pixaby/Silviarita

Ternyata batang sayuran seledri juga dapat dibikin jus, seledri mengandung vitamin K dan folat yang baik untuk kesuburan. Seledri juga mengandung apigenin yang membantu mengurangi peradangan.

Menurut Phytotherapy Research, jus seledri baik diminum pagi atau sore hari sebanyak 1 kali sehari. Selain itu, jus seledri juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan pencernaan.
 

7. Jus wortel

Freepik/jcomp

Jus wortel sudah semakin populer karena memiliki rasa yang enak, jus wortel kaya akan beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Ini penting untuk kesehatan endometrium dan ovulasi.

Berdasarkan American Journal of Clinical Nutrition, jus wortel baik diminum pagi hari sebanyak 1 kali sehari. Selain meningkatkan kesuburan, jus wortel juga bermanfaat untuk kesehatan mata serta sistem kekebalan tubuh, lho Ma.

Nah, itu dia deretan 7 pilihan jus sayur yang ampuh untuk tingkatkan kesuburan rahim untuk Mama yang sedang bingung dan bosan makan sayur dan merencanakan program kehamilan.

Semoga bermanfaat ya, Ma

Baca juga:

The Latest