TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Jenis Olahraga yang bisa Membuat Sperma Bagus

Jangan lupa dilakukan secara rutin, ya!

Freepik/rawpixel.com

Olahraga memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang bisa membuat sperma bagus. 

Sperma yang sehat dan sempurna memiliki pengaruh tinggi dalam keberhasilan kehamilan. Bagaimana cara memiliki sperma bagus? Tentu dengan gaya hidup sehat dan seimbang. 

Selain mengonsumsi makanan yang sehat, Papa juga perlu melengkapinya dengan olahraga. 

Agar makin mantap, Popmama.com akan merangkumkan jenis olahraga apa saja yang bisa membuat sperma bagus. 

1. Berenang

Pexels/Jim De Ramos

Tak perlu memikirkan yang ribet, karena Papa sudah bisa memperbaiki kualitas sperma dengan melakukan olahraga ringan. Papa disarankan untuk melakukan olahraga seperti berenang selama 30 menit setiap hari atau setidaknya 5 kali seminggu. 

Meski terasa ringan, tapi faktanya, berenang bisa meningkatkan kualitas sperma. 

2. Jogging

Unsplash/Sporlab

Bukan sprint atau lari dalam waktu yang lama dan jarak yang jauh, Papa hanya perlu jogging. Jogging dinilai bisa membantu meningkatkan kecepatan, bentuk, dan volume sperma pada seorang laki-laki. 

Olahraga ini melibatkan kekuatan, fleksibilitas dan keseimbangan. Dengan begitu, kadar antioksidan di dalam tubuh pun bisa makin meningkat. Jogging juga efektif menurunkan lemak tubuh sehingga bisa meningkatkan hormon testosteron pada laki-laki. 

 

3. Angkat beban

Freepik/Racool_studio

Selanjutnya adalah angkat beban. Olahraga yang banyak diminati kaum laki-laki ini memang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan sperma. Melakukan olahraga angkat beban 2 jam dalam seminggu bisa meningkatkan jumlah sperma hingga 25%, lho. 

Penelitian juga menunjukkan bahwa angkat beban bisa meningkatkan sensitivitas insulin yang berkaitan dengan konsentrasi sperma yang lebih tinggi. 

 

4. Treadmill

Pexels/Willian Choquette

Enggan olahraga outdoor? Papa tetap bisa meningkatkan kualitas sperma dengan olahraga di atas treadmill. Berjalan atau lari di atas treadmill bisa meningkatkan jumlah dan motilitas sperma. 

Lakukan setidaknya 3 sesi per 50 menit dalam setiap minggunya, ya. 

 

5. Yoga atau pilates

Instagram.com/jamilatus.sadiyah

Identik dengan olahraga para perempuan, ternyata yoga dan pilates bisa membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental seseorang. Olahraga ini merupakan kombinasi latihan kardiovaskular yang bisa meningkatkan kesehatan mental dan fisik, termasuk juga peningkatan pada mobilitas dan produksi sperma. 

Beberapa pose dinilai bisa membantu melancarkan sirkulasi darah sekaligus menyeimbangkann zat kimia dalam tubuh. Efeknya, hormon testosteron pun meningkat sehingga gairah seksual meningkat dan peluang hamil pun lebih tinggi. 

Itu dia beberapa olahraga yang bisa langsung dilakukan Papa. Mana yang mau dipilih? 

Baca juga:

The Latest