TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Sensitif Strip untuk Kehamilan: Manfaat, Kegunaan, dan Efek Samping

Tingkat akurasinya 99,9%

Untuk mengecek kehamilan, Mama bisa menggunakan test pack. Ada banyak jenis test pack yang bisa dipilih, salah satunya adalah Sensitif Strip. 

Bagi perempuan, perubahan sekecil apapun akan terasa besar. Apalagi, jika beberapa perubahan tersebut mengarah ke tanda-tanda kehamilan. Biasanya, sebelum datang ke dokter kandungan atau bidan, para Mama akan membeli test pack untuk memastikan kondisi mereka. 

Seperti apa manfaat, kandungan, cara pakai, dan efek samping dari Sensitif Strip? Popmama.com akan merangkumkannya untuk Mama. 

1. Apa itu Sensitif Strip untuk kehamilan?

freepik/jcomp

Sensitif strip merupakan alat tes uji kehamilan berbentuk strip. Mama bisa menggunakan strip ini dalam 7 hari setelah berhubungan intim.  Akurasi dari hasil tes ini diklaim sebesar 99,9%. Cara kerjanya adalah dengan mendeteksi tingkat kadar hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin) pada air seni. 

 

2. Kegunaan Sensitif Strip

Photo by cottonbro from Pexels Hasil test pack positif

Alat tes kehamilan Sensitif Strip bermanfaat untuk mengecek apakah seseorang hamil atau hanya mengalami gejala yang mirip dengan hamil saja. 

Alat ini mendeteksi kadar hormon hCG yang jika hamil, maka hormon tersebut akan meningkat. Hasil dari tes akan lebih jelas jika dilakukan 7 hari pasca berhubungan intim. Namun untuk hasil terbaik, lakukan 7 hari setelah terlambat haid. 

 

3. Cara pakai Sensitif Strip

Freepik/freepik

Penggunaan Sensitif Strip untuk cek kehamilan pun sangat mudah. Mama bisa menampung urin pertama di pagi hari di wadah yang tersedia di kemasan. Pastikan wadahnya bersih dan steril, ya. 

Kemudian keluarkan strip dari bungkus, letakkan tabel komparasi pada permukaan rata dan pegang Sensitif Strip secara vertikal dengan panah yang menghadap ke bawah. 

Celupkan Sensitif Strip ke wadah urin dan diamkan selama 30 detik. Angkat dan letakkan pada bidang datar. Tunggu selama 1-3 menit untuk melihat hasilnya. 

 

4. Efek samping dari Sensitif Strip

Freepik

Sejauh ini belum diketahui adanya interaksi antar obat yang bisa muncul jika menggunakan Sensitif Strip dengan obat lain. 

Sedangkan untuk efek samping, penggunaan Sensitif Strip sangat jarang menimbulkan efek samping jika digunakan sesuai aturan pakai yang ada di kemasan. 

5. Harga Sensitif Strip

sensitif.com

Saat ini, Sensitif Strip bisa dengan mudah ditemui di apotek maupun di supermarket. Mama juga bisa membelinya secara online, lho. 

Untuk Mama yang penasaran, 1 pack Sensitif Strip adalah Rp 33 ribu. 

Demikian penjelasan lengkap mengenai Sensitif Strip. Semoga membantu!

Baca juga:

The Latest