TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Usia Kehamilan Berapa Minggu Bisa Terdeteksi Test Pack? Yuk, Cari Tahu

Uji test pack bisa kamu lakukan 7-12 hari setelah terbentuknya plasenta

Freepik/jcomp

Menentukan seseorang hamil atau tidak, tentu tidak semudah yang dibayangkan. Biasanya, agar hasilnya akurat, kamu perlu melakukan serangkaian pemeriksaan, misalnya saja dengan menggunakan tes kehamilan. 

Nah, salah satu cara yang dinilai mudah dan praktis untuk mengetahui kehamilan,  yakni dengan memakai test pack. 

Tapi sayangnya, masih banyak orang yang bingung saat menggunakan alat ini. Bahkan tak jarang, timbul pertanyaan kira-kira usia kehamilan berapa minggu bisa terdeteksi test pack?

Buat kamu yang penasaran, kali ini Popmama.com rangkumkan informasi selengkapnya!

1. Apa itu test pack dan cara menggunakannya

Freepik/freepik

Test pack merupakan alat uji kehamilan yang banyak digunakan karena praktis dan mudah. Selain itu, alat yang satu ini bisa dengan mudah kamu beli di apotek dan digunakan di rumah. 

Melansir dari American Pregnancy, test pack mendeteksi ada atau tidaknya kehamilan di tubuh perempuan berdasarkan kadar hormon hCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang terdapat pada urine. 

hCG merupakan hormon yang diproduksi di dalam plasenta selama kehamilan. Biasanya, hormon ini akan terdeteksi ketika sel sperma berhasil membuahi sel telur. 

Namun, untuk menentukan adanya kehamilan menggunakan test pack, tentu tak bisa sembarangan. Kamu perlu menggunakan test pack dengan benar. Berikut ini caranya: 

  • Beli produk test pack di apotek tepercaya. Sebelum menggunakannya, pastikan kemasan produk tidak rusak, tidak robek, dan tidak kedaluwarsa. 
  • Setelah itu, siapkan wadah kecil untuk menampung urine. 
  • Masukkan test pack ke dalam wadah  urine, hingga garis batas yang sudah ditentukan. 
  • Tunggu kurang lebih 10 detik, kemudian angkat test pack dan lihat hasilnya. 

2. Usia kehamilan berapa minggu bisa terdeteksi test pack?

Freepik/Freepik

Selama ini, kamu mungkin bertanya-tanya terkait usia kehamilan berapa minggu bisa terdeteksi test pack?

American Pregnancy menyebut bahwa, kehamilan sudah bisa terdeteksi dengan test pack dari usia 1 minggu. Ini karena, test pack bekerja dengan cara mendeteksi hormon hCG di tubuh perempuan. 

Karena alasan tersebut, kamu disarankan untuk melakukan uji kehamilan menggunakan test pack, paling tidak satu minggu sejak hari pertama terlambat menstruasi. 

Pada dasarnya, tubuh membutuhkan waktu untuk memproduksi hormon hCG, kurang lebih 7-12 hari setelah sperma membuahi sel telur. Namun, kondisi ini tentunya berbeda-beda pada tiap orang. Hal inilah yang terkadang membuat hasil uji kehamilan menggunakan test pack menjadi tidak akurat di awal-awal kehamilan.

3. Bagaimana cara membaca hasil test pack yang benar?

freepik/freepik

Supaya kamu tidak salah dalam mendeteksi kehamilan, tentu kamu harus membaca hasil test pack dengan benar. Berikut ini caranya: 

  • Hamil. Pada test pack jenis strip, ini ditunjukkan dengan munculnya garis dua tegas. Sedangkan pada test pack jenis digital, ini ditunjukkan dengan tulisan “hamil”. 
  • Tidak hamil. Pada test pack jenis strip, ini ditunjukkan dengan munculnya garis satu. Sedangkan pada test pack jenis digital, ini ditunjukkan dengan tulisan “ tidak hamil”. 
  • Garis dua samar.Test pack jenis strip terkadang juga menghasilkan garis dua samar. Ini artinya, test pack menunjukkan adanya kehamilan, tapi kadar hormon hCG masih belum tinggi. Untuk itu, kamu disarankan melakukan pemeriksaan ke dokter atau menggunakan testpack lagi selang 3 sampai 5 hari ke depan.

Itulah informasi selengkapnya mengenai usia kehamilan berapa minggu bisa terdeteksi test pack. Jika kamu merasakan adanya tanda-tanda kehamilan, tak ada salahnya untuk segera melakukan uji kehamilan atau berkonsultasi ke dokter, ya!

Baca juga:

The Latest