TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Viral Test Pack Garis Dua Namun Tidak Hamil, Ini Kata Dokter!

Di medsos, viral Laura anak Nikita Mirzani ungkap dirinya garis dua karena konsumsi obat hormon

Freepik

Baru-baru ini sedang viral pernyataan dari Laura Meizani Nasseru Asry atau dikenal Lolly anak dari Nikita Mirzani yang mengungkap bahwa ia tidak hamil. 

Ia mengatakan bahwa garis dua testpack itu bukanlah tanda kehamilan melainkan dirinya yang mengonsumsi obat hormon. 

Testpack yang menunjukkan dua garis umumnya menandakan hasil positif, yaitu adanya hormon hCG dalam urin yang mengindikasikan kehamilan.

Namun, dalam beberapa kasus langka, hasil tersebut bisa saja tidak berarti hamil, misalnya karena faktor seperti chemical pregnancy (kehamilan kimia), penggunaan obat-obatan tertentu, atau kesalahan dalam penggunaan testpack.

Agar lebih jelas dan akurat, Popmama.com menghubungi dr. Thomas Chayadi, Sp.OG, dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi & Ahli Fertilitas Bocah Indonesia untuk mengetahui kenapa testpack bisa garis dua padahal tidak hamil. Cek selengkapnya berikut ini. 

Awal Mula Viral Hasil Testpack Positif namun Tidak Hamil dari Lolly

Dok. Instagram

Sebelumnya, anak pertama Nikita Mirzani ini mengungkap bahwa ia tidak hamil dan melakukan aborsi seperti yang banyak dituduhkan masyarakat padanya. 

Melalui sebuah video klarifikasi, ia dengan lantang membantah mengenai kabar yang beredar. 

Dari salah satu postingannya tersebut, ia mengatakan bahwa, hasil Testpack garis dua didapatkan dari ia yang mengonsumsi obat hormon. 

SEDIKIT INFORMASI

Kenapa kok testpack bisa garis dua tapi ga hamil?

IYA KARNA PADA SAAT ITU SEBELUM GUA KE INDO GUE GA HAID" DAN DI UK GUA CEK KENAPA GUA GA HAID" DOKTER BILANG GUA KEKURANGAN HORMON

Makanya pada saat itu gua konsumsi obat hormon yang harus gua minum setiap hari karna disuruh dokter yang di uk tersebut !

TERUS KENAPA KOK BISA GARIS DUA?

Ya karna yang tadi gua bilang gua konsumsi obat hormon yang harus gua minum tiap hari biar gua bisa haid lagi!

Gua minum obat tersebut dari gua masih di uk hingga gua ke indo beberapa bulan lalu, udah lama banget

Jadi dari situ hormon gua menambah banyak banget dan ngebikin testpack garis dua!

Pada saat itu pun gua cek ke halodoc dan dr dari halodoc nya yang suruh gua testpack dan liat hasil nya apa?

Ternyata garis dua tapi samar nah katanya dokter iya karna kamu konsumsi obat hormon tersebut

BUKAN KARNA HAMIL !

Dan sekarang alhamdullilah gua udah lancar haid dan sebenernya ini privasi untuk gua karna ini tentang kesehatan gua bukan untuk konsumsi publik!

Gitu aja singkat ceritanya

 

Lalu, apakah minum obat hormon bisa menyebabkan  testpack garis dua?

1. Apakah testpack bisa garis dua karena konsumsi obat hormon?

Dok. Bocah Indonesia

Testpack menunjukkan dua garis sebagai tanda positif kehamilan karena hormon hCG yang diproduksi tubuh selama kehamilan terdeteksi dalam urin.

"Ya, ada obat-obatan hormon yang biasa digunakan dalam program hamil, seperti hormon HCG. Hormon ini biasanya dihasilkan oleh wanita hamil, tetapi juga digunakan untuk mematangkan atau memecahkan telur," kata dr. Thomas saat dihubungi Popmama.com, Jumat (20/09/2024). 

dr. Thomas Obat-obatan ini sering diberikan kepada pasien yang menjalani program inseminasi, bayi tabung, atau program hamil lainnya.

"Setelah disuntikkan, jika pasien melakukan tes pack atau tes LH, hasilnya bisa menunjukkan garis dua," katanya. 

2. Apakah telat haid diakibatkan kekurangan hormon?

Freepik

Dr. Thomas mengatakan bahwa ada banyak faktor yang bisa menyebabkan telat haid. Jika tidak ada kelainan pada organ reproduksi, seperti rahim dan indung telur yang normal, kemungkinan penyebabnya adalah fungsional, yaitu gangguan pada hormon.

"Gangguan hormonal ini bisa disebabkan oleh kelebihan atau kekurangan hormon. Contohnya, hormon prolaktin yang biasanya meningkat setelah melahirkan untuk memproduksi ASI. Namun, pada beberapa orang, kadar prolaktin bisa berlebih, yang mengakibatkan telat haid," katanya. 

dr. Thomas menambahkan selain itu, pada pasien dengan PCOS (Polycystic Ovary Syndrome), ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan telur tidak matang atau tidak berkembang dengan baik, sehingga tidak menghasilkan progesteron yang cukup. Akibatnya, tidak terjadi penarikan darah yang biasanya kita sebut menstruasi.

3. Apa manfaat konsumsi obat hormon dan boleh dikonsumsi secara berlebihan?

Freepik.com/diana.grytsku

Manfaat obat hormon diberikan sesuai dengan indikasi dan penyebab dengan gangguan haid atau menstruasi, tentunya harus dengan pengawasan dokter.

"Kecuali, pasien menggunakan obat KB, itu dijual bebas jadi untuk mencegah kehamilan itu bisa diminum. Tapi kalau punya gangguan haid, itu harus ke dokter. Nanti dokter akan memberikan obat hormon," katanya. 

4. Dampaknya jika dikonsumsi berlebihan?

Freepik

Menurut dr. Thomas, jika obat hormon dikonsumsi berlebihan ini pasti akan memberikan dampak pada tubuh. 

"Pasti dampaknya, jika obat hormon dikonsumsi berlebihan maka akan berpengaruh pada tubuh, salah satunya akan mengganggu keseimbangan hormon nanti siklus haid semakin berantakan. Obat hormon tertentu akan membuat tubuh gemuk, retensi cairan, atau bahkan bisa bikin sakit kepala, tekanan darah tinggi. Jadi, sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dan pengawasan dokter. Serta sesuai dengan indikasi medis, jadi (penggunaan obat hormon) sesuai arahan," kata dr. Thomas. 

Demikian keterangan dr. Thomas mengenai apakah obat hormon bisa buat testpack garis dua. Semoga bisa terjawab! 

Baca juga:

The Latest