TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Cara Mengonsumsi Buah Tin untuk Program Hamil

Ada banyak cara melakukan program hamil, aalah satunya dengan mengonsumsi buah tin

Ada banyak cara yang dilakukan untuk melakukan program hamil. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi buah tin. Bukan tanpa alasan, buah tin dipercaya memiliki khasiat untuk dapat melancarkan program hamil yang sedang dilakukan.

Memang, buah yang satu ini di Indonesia tidak seterkenal dari berbagai jenis buah lainnya, seperti buah pisang, mangga, atau pepaya. Sebab, buah tin sendiri merupakan buah yang berasal dari negara-negara di Asia Barat.

Lantas, bagaimana cara mengonsumsi buah tin untuk program hamil? Untuk mengetahuinya, yuk simak informasi yang sudah Popmama.comrangkum untuk Mama berikut ini.

Kandungan Nutrisi Buah Tin

Freepik/stockking

Buah yang memiliki nama latin Ficus carica ini merupakan buah yang berasal dari Asia Barat. Buah Tin sendiri tergolong unik karena kadar gula alaminya akan meningkat ketika buah ini dikeringkan. Akan tetapi, meski gula alaminya meningkat, buah tin tetap rendah kalori.

Dikutip dari RRI, pada 100 gr buah tin terkandung sekitar 74 kalori. Tidak hanya itu, buah tin juga menawarkan beragam nutrisi yang baik untuk tubuh mama selama masa kehamilan. Berikut beberapa nutrisi yang terkandung dalam buah tin:

  • 2,9 gr serat
  • 0,75 gr protein
  • 35 mg kalsium
  • 17 mg magnesium
  • 14 mg fosfor
  • 232 mg kalium
  • 2 mg vitamin C
  • 0,11 mg vitamin E

Selain itu, buah tin juga mengandung beberapa nutrisi penting lainnya, seperti vitamin B6, tembaga, serta antioksidan. Melihat berbagai kandungan nutrisinya, berikut ini beberapa manfaat yang bisa Mama dapatkan ketika mengonsumsi buah tin:

  • Menjaga kesehatan saluran pencernaan, kandungan serat dalam buah tin dapat berfungsi sebagai prebiotik yang baik bagi kesehatan saluran pencernaan.
  • Mencegah terjadinya penyakit kronis, kandungan antioksidan alami dalam buah tin, seperti flavonoid dan asam fenolik, dapat bermanfaat dalam pencegahan penyakit kronis.
  • Menjaga kesehatan kulit, tidak hanya dapat mencegah penyakit kronis, antioksidan dalam buah tin juga diketahui dapat mencegah kerusakan kolagen, sehingga baik untuk bantu menjaga kesehatan kulit.
  • Mencegah perkembangan sel kanker, antioksidan dalam buah tin juga dipercaya dapat mencegah perkembangan sel kanker dengan menangkal efek negatif dari radikal bebas yang berlebih dalam tubuh.

Cara Mengonsumsi Buah Tin bagi Program Hamil

Buah Tin dapat menjadi pilihan makanan yang baik bagi perempuan yang sedang menjalani program hamil karena kaya akan nutrisi seperti serat, vitamin, dan mineral. Berikut adalah beberapa cara untuk mengonsumsi buah tin bagi ibu hamil:

1. Memakannya secara langsung

Pixabay/cegoh

Buah tin memiliki tekstur daging yang lembut, sehingga menjadikannya dapat langsung dimakan sebagai camilan yang sehat.

Namun, pastikan untuk mencuci buah tin dengan baik sebelum mengonsumsinya untuk menghindari kuman atau bakteri yang mungkin ada di kulitnya.

2. Campurkan ke dalam salad buah

Freepik/Kuboo

Tidak hanya nikmat dikonsumsi secara langsung, buah tin juga akan terasa lezat jika Mama mencampurkannya ke dalam salad buah.

Untuk melakukannya, Mama dapat memotong buah tin menjadi potongan-potongan kecil dan tambahkan ke dalam salad buah. Padukan juga dengan berbagai jenis buah lainnya untuk mendapatkan variasi rasa dan nutrisi.

3. Mengolahnya menjadi smoothie

Freepik/Drazen Zigic

Buah tin juga dapat Mama olah menjadi smoothie yang menyegarkan. Mama dapat mencampurkan buah tin bersama dengan buah-buahan lain, yogurt, dan es untuk membuat smoothie yang segar dan lezat.

Cara ini dapat menjadi cara yang baik untuk mendapatkan nutrisi dari buah tin secara lebih menyeluruh.

4. Tambahkan sebagai isian roti atau pancake

onegreenplanet.org

Selain beberapa cara di atas, Mama juga dapat menggunakan buah tin sebagai isian dalam roti tawar atau pancake.

Menambahkan potongan buah tin ke dalam roti atau pancake dapat menambah rasa dan tekstur pada hidangan sarapan mama.

5. Mencampurnya dengan yogurt

Freepik/Racool_studio

Mencampur potongan buah tin dengan semangkuk yogurt merupakan cara lain untuk menikmati buah tin dengan menjadikannya sebagai camilan sehat.

Tambahkan potongan buah tin ke dalam yogurt untuk mendapatkan campuran rasa yang menarik dan tambahan nutrisi.

6. Sebagai pengganti gula dalam makanan manis

freepik/KamranAydinov

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, buah tin yang dikeringkan mengandung gula yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah tin yang masih segar. Oleh karenanya, buah tin kering dapat digunakan sebagai pengganti gula dalam berbagai resep makanan manis, seperti kue atau oatmeal.

Bagaimanapun cara mengonsumsi buah tin, hal terpenting yang harus Mama perhatikan adalah jumlah per konsumsinya. Pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Pastikan juga bahwa buah tersebut bersih dan segar sebelum dikonsumsi.

Mama juga dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk memastikan bahwa konsumsi buah tin sesuai dengan kebutuhan gizi mama serta tidak bertentangan dengan kondisi kesehatan tertentu.

Itulah ulasan terkait cara mengonsumsi buah tin untuk program hamil. Yuk, tambahkan buah tin dalam menu makanan harian mama untuk dapatkan beragam manfaatnya!

Baca juga:

The Latest