TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Apa Itu Pendarahan Implantasi? Perempuan Wajib Tahu!

Pelajari apa itu pendarahan implantasi dan mengapa pemahaman tentangnya sangat krusial

Pernahkah kamu mengalami pendarahan ringan yang tiba-tiba dan berlangsung singkat? Jika iya, kamu mungkin sedang mengalami pendarahan implantasi. Fenomena ini sering kali dikira sebagai menstruasi biasa, tetapi sebenarnya memiliki karakteristik yang berbeda.

Pendarahan implantasi bukan hanya sekadar anomali, melainkan bisa menjadi pertanda awal kehamilan yang menarik untuk dipahami. Meski mirip dengan menstruasi, ada beberapa perbedaan kunci yang penting untuk diketahui setiap perempuan.

Nah untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut Popmama.com  telah rangkum mengenai apa itu pendarahan implantasi yang bermanfaat untuk kamu.

1. Penjelasan tentang pendarahan implantasi

Freepik

Pendarahan implantasi adalah tanda awal kehamilan yang terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim. Proses ini dapat menyebabkan pendarahan ringan atau bercak darah. Sebagian perempuan hamil mengalami pendarahan implantasi dengan durasi normal.

 

2. Tanda-tanda mengalami pendarahan implantasi

Freepik

Sebenarnya gejala pendarahan implantasi hampir sama dengan menstruasi. Hal ini membuat banyak perempuan bingung untuk membedakannya. Nah, berikut tanda-tanda kamu mengalami pendarahan implantasi: 

  1. Perubahan suasana hati 
  2. Sakit kepala 
  3. Kran ringan atau kurang dari kram saat menstruasi 
  4. Nyeri payudara 
  5. Sakit pingang. 

Jika dilihat sekilas memang hampir mirip semua dengan gejala PMS atau menstruasi. Agar kamu mengetahui lebih dalam lagi mengenai perdarahan implantasi ini, sebaiknya kamu mengetahui perbedaan utama antara pendarahan implantasi dan menstruasi. 

3. Perbedaan pendarahan implantasi dan menstruasi

Freepik

Pendarahan implantasi terlihat sedikit berbeda dari menstruasi perempuan pada umumnya. Maka dari itu penting untuk mengetahui perbedaan utama dari kedua permasalahan ini. Berikut perbedaan utama antara pendarahan implantasi dan menstruasi: 

  1. Dari segi warna: Menstruasi biasanya berwarna merah terang hingga gelap, sedangkan pendarahan implantasi biasanya berwarna merah muda terang hingga cokelat gelap 
  2. Pembukaan: biasanya menstruasi menimbulkan banyak pembekuan darah, sedangkan pendarahan implantasi tidak menimbulkan pembekuan
  3. Jumlah: Jika kamu sedang menstruasi darah yang dikeluarkan cukup banyak, sedangkan pendarahan implantasi berwarna merh muda atau cokelat yang keluarnya hanya sedikit. 

4. Durasi pendarahan implantasi yang normal

Freepik/pikisuperstar

Normalnya pendarahan implantasi hanya berlangsung beberapa jam dan tiga hari penuh. Namun tidak menutup kemungkinan kamu mengalami lebih lama dari durasi hari tersebut. Biasanya perempuan yang pertama kali mengalami hamil akan mengalami pendarahan implants lebih banyak dan lama daripada perempuan yang sudah pernah hamil. 

Nah itu dia penjelasan mengenai apa itu pendarahan implantasi? perempuan wajib tahu! Jadi sekarang bisa bedain ya antara pendarah implantasi dan menstruasi. Semoga kamu sehat selalu ya! 

Baca juga: 

The Latest