TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Wajib Tahu! Cara Mengukur Nyeri Haid yang Normal Menurut Dokter

Nyeri haid memang sering dianggap hal biasa, namun jika sakitnya berlebihan harus segera diatasi

Nyeri haid pada umumnya dialami setiap perempuan. Nyeri haid atau dismenore dapat hadir sebagai sensasi nyeri berdenyut atau kram perut yang menyertai siklus menstruasi. Intensitasnya bervariasi, dari yang ringan hingga yang mampu melumpuhkan aktivitas sehari-hari.

Para ahli membedakan dismenore menjadi dua jenis, yaitu primer dan sekunder. Dismenore primer yang paling umum terjadi muncul karena sebagai konsekuensi langsung dari proses menstruasi. Sementara itu, dismenore sekunder bisa menjadi tanda adanya gangguan atau infeksi pada organ reproduksi.

Namun, bagaimana kita bisa memastikan apakah nyeri yang dialami masih dalam batas normal? dr. Upik A., SpOG,SubSpFER melalui media sosialnya, membagikan metode untuk mengukur intensitas nyeri haid secara akurat.

Berikut Popmama.com berhasil membahas mengenai Cara Mengukur Nyeri Haid yang normal menurut dokter

Mengukur Intensitas Melalui Aktivitas Sehari-hari

Unsplash/Social.cut

Memahami intensitas nyeri haid bisa dimulai dengan mengamati dampaknya terhadap rutinitas kamu. Pertimbangkan apakah aktivitas harian yang padat memperparah nyeri  haid atau justru nyeri haid yang intens muncul bahkan saat kamu tidak terlalu aktif. 

Perhatikan juga apakah nyeri haid tersebut memaksa kamu untuk menghentikan aktivitas dan bisa dirasakan lebih lama dari biasanya? Jika iya, nyeri haid yang sangat mengganggu dan berkepanjangan bisa jadi pertanda kondisi yang perlu diwaspadai.

Nyeri Haid Normal

Freepik/Shurkin_son

Nyeri haid yang masih dalam batas normal biasanya memiliki pola yang dapat diprediksi. Intensitasnya berkisar dari ringan hingga sedang. Dimulai 1-3 hari sebelum menstruasi dan akan mereda dalam 2-3 hari berikutnya saat mengalami haid. 

Meskipun tidak parah, nyeri ini bisa disertai gejala seperti mual, rasa mulas, atau sakit kepala ringan. Lebih dari itu, seringkali sensasi nyeri ini muncul atau meningkat setelah buang air kecil atau besar.

Nyeri Haid yang Harus Segera Ke Dokter

Freepik

Nyeri haid yang perlu segera diperiksakan ke dokter adalah ketika rasa sakitnya begitu intens hingga membuatmu harus berhenti beraktivitas atau duduk untuk meredakannya. Nyeri yang sangat parah ini bahkan bisa mengganggu konsentrasi dan aktivitas sehari-hari.

Jika rasa sakitnya begitu hebat hingga membuatmu tidak bisa bergerak atau hanya bisa berbaring, itu tanda bahwa nyeri haid sudah tidak normal atau patologis. Segera konsultasikan dengan dokter spesialis untuk penanganan lebih lanjut.

Demikian beberapa  Cara Mengukur Nyeri Haid yang normal menurut dokter dr. Upik A., SpOG,SubSpFER. Jika memang sakit nyeri haid diperlukan untuk ke dokter, kamu tidak perlu takut, sebaiknya segera konsultasi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga: 

The Latest