TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Makanan yang Harus Dihindari Jika Ingin Cepat Hamil, Simak ya!

Tahukah kamu bahwa beberapa makanan bisa menghambat peluang untuk hamil? Temukan jawabannya di sini!

Memiliki anak adalah impian banyak pasangan, tetapi perjalanan menuju kehamilan sering kali penuh tantangan. Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan adalah pola makan. Mengetahui tentang makanan yang harus dihindari jika ingin cepat hamil dapat menjadi langkah awal yang krusial.

Makanan yang kita konsumsi berpengaruh besar terhadap sistem kesuburan. Untuk mendukung kesuburan, tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang, termasuk serat, protein, vitamin, dan mineral. Tanpa nutrisi yang cukup, peluang untuk hamil bisa menurun, sehingga penting untuk memilih makanan dengan bijak.

Lantas apa saja makanan yang harus dihindari jika ingin cepat hamil? Berikut Popmama.com rangkum untuk kamu. 

 

1. Soda dan gula yang kadarnya tinggi

Freepik/Rawpixe.com

Makanan yang harus dihindari jika ingin cepat hamil pertama adalah minuman soda atau punya kandungan tinggi gula. Gula menyebabkan peradangan dan glikasi yang membuat organ-organ kita menua, termasuk organ reproduksi dan menghancurkan sel-sel baik di tubuh kita.

Sebuah penelitian terhadap perempuan dan laki-laki  mereka yang mengonsumsi setidaknya tujuh minuman manis per minggu mengalami kesulitan lebih besar untuk hamil dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi minuman manis.  Maka dari itu minuman ini harus dihindari. 

 

2. Makanan tinggi karbohidrat

Freepik

Karbohidrat merupakan urutan kedua makanan yang harus dihindari jika ingin hamil. Memang pada dasarnya kita membutuhkan karbohidrat, tetapi jika berlebihan akan menjadi masalah. 

Karbohidrat jika dipecah akan menjadi gula dan membuat kadar gula darah meningkat. Jika kadar darah meningkat, maka dapat menyebabkan terganggunya keseimbangan hormon, menghambat ovulasi, dan dampak buruk terhadap kesuburan. 

 

3. Susu rendah lemak

Unsplash/Nikolia chernichenko

Menempati urutan ketiga makanan yang harus dihindari jika ingin cepat hamil adalah susu rendah lemak. Pada dasarnya susu rendah lemak baik untuk kesuburan laki-laki, tetapi untuk perempuan hal ini sangat dihindari.

Produk susu rendah lemak telah terbukti menjadi makanan yang menyebabkan infertilitas. Ketika lemak dihilangkan dari produk susu, hormon laki-laki yang disebut androgen akan tertinggal. Namun, pada perempuan, androgen ini mengganggu siklus menstruasi dan membuat mereka berisiko terkena PCOS dan infertilitas.

4. Daging olahan

Unsplash/De an Sun

Daging olahan juga termasuk makanan yang harus dihindari jika ingin cepat hamil. Contoh daging olahan tersebut merupakan sosis,bacon, dan hot dog.

Daging olahan ini memiliki banyak lemak trans yang dapat menurunkan kesuburan. Tidak hanya itu saja, daging-daging olahan tersebut mengandung bahan pengawet, seperti nitrat dan nitrit. Jadi harus dihindari ya makanan ini. 

 

5. Alkohol

Unsplash/ Lorin Both

Banyak yang tidak menyadari bahwa minum alkohol dapat mengurangi tingkat kesuburan. Bagi laki-laki minuman alkohol dapat menyebabkan kualitas sperma menurun. Bagi perempuan konsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan mengganggu siklus menstruasi. 

Sebuah penelitian membuktikan bahwa yang minum empat atau lebih minuman beralkohol per minggu menemukan bahwa mereka 16% lebih kecil kemungkinannya untuk melahirkan bayi hidup dibandingkan perempuan yang minum kurang dari 4 minuman beralkohol atau tidak minum sama sekali. Maka dari itu minuman alkohol ini sangat dihindari.

6. Kafein

Unsplash/allwaysfind

Selain membuat asam lambung naik, kafein juga termasuk makanan yang harus dihindari jika ingin cepat hamil. berdasarkan tinjauan penelitian, American Society for Reproductive Medicine berpendapat  jika konsumsi kafein kamu tinggi, lebih dari 5 cangkir sehari, tingkat konsumsi ini dikaitkan dengan penurunan kesuburan dan butuh waktu sekitar 11% lebih lama untuk hamil. Tidak hanya itu saja hal ini dapat meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil.

 

7. Ikan dengan kadar merkuri

Pixabay/wiki images

Tidak semua ikan mempunyai kandungan nutrisi yang baik, ikan dengan kadar merkuri tinggi termasuk makanan yang harus dihindari jika ingin cepat hamil. Bila kamu kerap mengonsumsi ikan yang mengandung banyak merkuri seperti ikan todak, ikan tuna, dan ikan kerapu, tubuh kamu dapat menyimpan merkuri yang dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk hamil. 

Paparan merkuri merusak DNA sperma dan dapat mengakibatkan morfologi dan motilitas sperma abnormal. Sedangkan pada perempuan tingkat merkuri yang tinggi berhubungan dengan insiden gangguan menstruasi dan hormonal sehingga memperburuk sistem reproduksi.

Nah itulah beberapa makanan yang harus dihindari jika ingin cepat hamil. Jangan sampai salah langkah ya! 

Baca juga: 

The Latest