TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Viral Penumpang KRL Pakai Pin Ibu Hamil Expired agar Bisa Duduk

Pin Ibu Hamil seharusnya dikembalikan setelah melahirkan, bukan disalahgunakan agar bisa duduk

Tiktok.com/@dinmeel

Sebuah video seorang penumpang Kereta Rel Listrik atau KRL Commuter Line yang menggunakan Pin Ibu Hamil expired tengah beredar luas di media sosial. Hal ini terang saja menjadi perhatian publik, lantaran pin tersebut seharusnya dikembalikan jika penumpang sudah melahirkan. 

Pin Ibu Hamil ini awalnya disediakan oleh pihak KAI Commuter untuk dapat digunakan oleh perempuan dalam masa kehamilan sebagai pengguna jasa Commuter Line agar bisa mendapatkan kursi prioritas. 

Sayangnya, ada penumpang yang menyalahgunakan pin tersebut. Salah satunya seperti penumpang yang kini tengah viral karena video yang dibagikan melalui akun TikTok @dinmeel. Penumpang tersebut diketahui tidak mengembalikan Pin Ibu Hamil setelah melahirkan demi mendapatkan kursi prioritas. Tindakannya itu diketahui setelah ada penumpang lainnya melihat batas waktu penggunaan pada pin tersebut.

Nah, berikut Popmama.com rangkum informasi tentang penumpang KRL pakai pin ibu hamil expired agar bisa duduk.

1. Viral video penumpang pakai Pin Ibu Hamil expired di KRL

Tiktok.com/@sefreakuensea

Sebuah video yang menunjukkan penumpang KRL duduk di kursi prioritas menggunakan Pin Ibu Hamil expired kini tengah viral di media sosial. Video ini awalnya dibagikan oleh akun Tiktok @dinmeel pada 12 September 2024.

Video yang tidak menunjukkan wajah penumpang tersebut memperlihatkan bagaimana hal ini seakan lumrah terjadi di tengah padatnya pengguna KRL.

"@Drama KRL Commuterline @KAI Commuter kalo sampe bilang “mungkin dia capek” kita semua juga capek pengennya duduk ditambah sekarang kereta puadetnya minta ampun," tulis akun tersebut pada captionnya.

2. Pin Ibu Hamil diketahui lewat dari tanggal HPL

Tiktok.com/@dinmeel

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Pin Ibu Hamil diberikan untuk menjamin kenyamanan serta keamanan ibu hamil dalam menggunakan KRL Commuter Line. Dalam syarat yang tertera pada saat pengambilan tertulis bahwa Pin Ibu Hamil dapat dikembalikan ke petugas stasiun pendaftaran jika ibu telah melewati HPL atau melahirkan.

Pada video tersebut, terlihat tanggal HPL tertulis jelas yakni 5 Maret 2024, sedangkan video tersebut diambil pada 6 Agustus 2024. Sayangnya, penumpang tersebut tidak mengembalikan Pin Ibu Hamil yang dipinjamkan dan menggunakannya untuk mendapatkan kursi prioritas di KRL.

3. Pengaduan langsung disampaikan pada pihak KAI Commuter

Tiktok.com/@dinmeel

Melihat kejadian ini, pemilik akun pun langsung mengajukan pengaduannya pada pihak KRL Commuter Line. Ia mengungkapkan keluhannya agar hal ini bisa segera mendapatkan tanggapan dari pihak KAI Commuter Line.

"@COMMUTERLINEKRLINDONESIA @DramaKRLCommuterline tolong dikaji lg dong penggunaan pin ibu hamil supaya tidak disalah gunakan. Harus ada triggered yg buat orang mau balikin pinnya. Misal pake deposit kek, atau apa kek. Ini pin udah exp knp masih dipapek terus? Jadi bahan ajimumpung. FYI video ini aku ambil tgl 6 Agustus 2024," terangnya pada video tersebut.

4. Tanggapan pihak KAI Commuter Indonesia atas viralnya video tersebut

Instagram.com/@commuterline

Melalui Manager Public Relations KAI Commuter Indonesia, Leza Arlan, pihak KAI Commuter menyampaikan bahwa pihaknya masih melakukan pendalaman untuk menindaklanjuti hal ini.

Ia mengatakan bahwa petugas KAI Commuter akan mengirimkan email kepada penumpang untuk mengembalikan pin ibu hamil yang sudah melewati tanggal batas HPL. Selain itu, pihak KAI Commuter juga memberikan waktu bagi penumpang untuk mengembalikan pin dalam waktu satu bulan.

Pihak KAI sangat menyayangkan kejadian ini dan meminta maaf serta mengimbau seluruh penumpang yang memiliki pin ibu hamil dengan tanggal HPL kadaluarsa, untuk segera mengembalikan pin kepada petugas KAI Commuter di stasiun.

5. Pemilik akun mendapatkan dukungan dari netizen

Tiktok.com/@annisa.journal

Mengetahui hal ini, banyak netizen yang memberikan komentar dan dukungan pada pemilik akun tersebut. Pasalnya, hal ini pun kerap terjadi pada mereka yang menggunakan KRL sehari-hari. Beberapa komentar yang dituliskan, seperti:

"Tbh pernah ada mba mba yang bikin konten tentang pin ibu hamil krl, dan pas mau balikin pin-nya petugas nya bilang “ini gamau di simpen aja?” i mean petugas krl jg kurang edukasi kayanya perihal pin," tulis @na.bubblie.

"Kaka sumpah, waktu aku ngembaliin pin, petugasnya blg dan bingung “Ya Allah kak, 1 : 1000 yang ngembaliin pin ini," tulis @yohaniesa.

"Kaaa aku pernah giniii, nemu pin ibu hamil ketinggalan di mushola stasiun, pas aku cek di pinnya tahun 2021 dan itu aku nemu di 2023. Aku masih ada fotonyaa," tulis @jinjjaamajja.

Nah, itulah tadi rangkuman informasi tentang penumpang KRL pakai pin ibu hamil expired agar bisa duduk. Semoga hal ini bisa segera diatasi dan para ibu hamil bisa mendapatkan kenyamanan dalam menggunakan kendaraan umum, ya.

Baca juga:

The Latest