TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Camilan Dingin untuk Ibu Hamil di Malam Hari, Sehat dan Menyegarkan

Lebih nikmat dan menyegarkan jika disantap selagi dingin

Salah satu keluhan yang kerap dialami ibu hamil adalah mudah gerah dan panas. Kondisi ini tidak hanya bisa terjadi di siang hari, tetapi juga bisa melanda di malam hari. 

Selain faktor lingkungan, kegerahan saat hamil juga bisa disebabkan oleh perubahan hormon, penambahan berat badan, serta kerja jantung yang memompa darah ekstra untuk janin. 

Nah, saat merasa kegerahan, memang paling nikmat rasanya jika mengonsumsi camilan yang dingin. Namun, sebaiknya ibu hamil tetap memastikan bahwa camilan yang dikonsumsi sehat dan aman untuk si Kecil di dalam kandungan. 

Kali ini, Popmama.com akan membahas mengenai 7 camilan dingin untuk ibu hamil di malam hari. Yuk, simak di bawah ini!

1. Yoghurt

Freepik/jcomp

Rekomendasi yang pertama ada yoghurt yang tak hanya menyegarkan, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Yoghurt mengandung protein, kalsium, kalium, magnesium, dan fosfor yang bisa mendukung tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Selain itu, yoghurt juga mengandung probiotik alami yang dapat melancarkan sistem pencernaan mama. Terlebih lagi, ibu hamil sering mengalami sembelit yang terjadi karena perubahan hormon. 

Mama bisa mengonsumsi yoghurt dingin agar terasa lebih menyegarkan. Pilihlah yoghurt yang rendah gula untuk mengurangi risiko peningkatan berat badan berlebih dan diabetes gestasional. 

2. Buah potong

Pexels/Mateusz Feliksik

Buah potong dingin adalah cara yang mudah dan menyegarkan untuk menikmati camilan sehat di malam hari. Mama bisa memakan langsung buah potong, atau dicampur dengan yoghurt rendah gula agar lebih nikmat. 

Mama bisa memilih buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti semangka, stroberi, melon, apel, dan jeruk. Selain menyegarkan, camilan ini juga membantu ibu hamil tetap terhidrasi.

3. Puding

Freepik/KamranAydinov

Camilan selanjutnya yang menyegarkan di malam hari adalah puding. Makanan yang satu ini dikenal sebagai hidangan penutup yang bercita rasa manis dan kerap dihidangkan dingin agar semakin segar.

Agar tidak membosankan, Mama bisa berkreasi membuat puding sendiri yang sehat untuk ibu hamil. Mama bisa membuat puding yang rendah gula dan terbuat dari bahan alami, seperti susu atau buah-buahan segar.

4. Smoothie

Freepik/freepik

Jika bosan dengan buah potong, Mama bisa mengubahnya menjadi smoothie buah yang tak kalah nikmat dan menyegarkan. Selain itu, smoothie juga memiliki berbagai manfaat, seperti mudah dicerna, kaya akan nutrisi karena berserat tinggi, dan mengenyangkan. 

Mama bisa mencampurkan buah-buahan seperti pisang, stroberi, dan mangga dengan yoghurt atau susu rendah lemak. Selain itu, Mama juga bisa menambahkan sedikit madu atau kurma untuk mendapatkan rasa manis alami.

5. Buah beri beku

Ffreepik/freepik

Buah beri beku juga bisa menjadi camilan yang sehat dan menyegarkan untuk ibu hamil.  Buah beri kaya akan karbohidrat, vitamin C, serat, dan juga folat yang baik untuk kesehatan tubuh ibu hamil dan juga janin. 

Buah beri yang bisa Mama pilih di antaranya stroberi, blueberry, blackberry, atau raspberry. Mama juga bisa mencampurkan buah beri dengan sumber protein dan lemak sehat seperti kacang almond agar lebih mengenyangkan.

6. Sayuran segar

Freepik/KamranAydinov

Sayur segar adalah pilihan camilan sehat dan rendah kalori untuk ibu hamil. Mama bisa mengonsumsi sayur mentah yang sudah dicuci hingga benar-benar bersih, atau direbus sebentar agar kuman-kumannya mati.

Dilansir dari Parenting.Firstcry.com, beberapa sayur mentah yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil adalah wortel, brokoli, tomat, dan asparagus. Selain itu, Mama juga bisa mengonsumsi selada segar yang campurkan dengan dressing seperti minyak zaitun. 

Sebaiknya hindari sayuran mentah jenis kecambah karena berisiko mengandung bakteri yang berbahaya. Selain itu, hindari pula kembang kol mentah karena mengandung senyawa sulfur yang dapat menyebabkan kembung.

7. Minuman probiotik

Unsplash/Gabriel Yuji

Minuman probiotik seperti Yakult memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan, termasuk untuk ibu hamil. Yakult adalah salah satu produk olahan susu yang difermentasi menggunakan bakteri baik bernama Lactobacillus casei, yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Mama bisa meminum satu botol Yakult yang dingin agar menyegarkan. Hindari mengonsumsi Yakult secara berlebihan untuk membatasi asupan gula dan mencegah diabetes.

Itu dia 7 camilan dingin untuk ibu hamil di malam hari. Selamat mencoba, ya, Ma!

Baca juga:

The Latest