TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

8 Makanan Sumber Vitamin K untuk Ibu Hamil, Bisa Cegah Perdarahan

Mulai dari sayur hingga telur, makanan ini mengandung vitamin K yang bantu cegah perdarahan

Vitamin K memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan ibu hamil, terutama dalam proses pembekuan darah dan mencegah perdarahan.

Vitamin ini membantu mencegah perdarahan berlebihan, baik selama kehamilan maupun saat persalinan. 

Sebaliknya, kekurangan vitamin K dapat meningkatkan risiko perdarahan, khususnya saat proses persalinan yang dapat membahayakan nyawa.

Penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin K, khususnya K2, berperan penting dalam kesehatan kardiovaskular, metabolisme tulang, dan pengaturan kadar kalsium dalam darah.

Oleh karena itu, pastikan ibu hamil mendapat asupan vitamin K yang cukup. Vitamin K bisa diperoleh dari suplemen maupun makanan yang mengandung vitamin K. 

Berikut Popmama.com rangkum 8 makanan sumber vitamin K untuk ibu hamil. Yuk, simak sampai tuntas!

1. Sayuran hijau

Freepik/KamranAydinov

Sayuran berdaun hijau merupakan salah satu sumber vitamin K yang baik untuk ibu hamil. Beberapa pilihan sayuran hijau yang mengandung vitamin K adalah bayam, kale, brokoli, selada, kubis, dan asparagus.

Sebagai contoh, dalam ½ cangkir kale (125 ml) mengandung sekitar 561 mcg vitamin K. Sedangkan dalam ½ cangkir bayam mengandung sekitar 469 mcg vitamin K.

2. Kiwi

Freepik/azerbaijan_stockers

Sejumlah buah-buahan juga mengandung vitamin K. Salah satunya adalah buah kiwi. Satu buah kiwi berukuran sedang mengandung sekitar 28 mcg vitamin K.

Selain mengandung vitamin K, kiwi juga sumber probiotik yang baik untuk mencegah sembelit, diare, maag, mual, muntah, nyeri perut, dan morning sickness saat hamil.

Buah kiwi juga mengandung asam folat untuk mencegah kecacatan pada otak dan tulang belakang bayi.

3. Blueberry

Freepik/Azerbaijan_stockers

Meskipun ukurannya kecil, blueberry juga mengandung vitamin K dan nutrisi lainnya yang baik untuk ibu hamil. Dalam setengah cangkir blueberry, terdapat sekitar 22 mcg vitamin K. 

Selain vitamin K, blueberry juga kaya akan antioksidan yang berperan dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Buah ini dapat dikonsumsi langsung sebagai camilan sehat, ditambahkan ke dalam yoghurt, atau dijadikan topping untuk oatmeal.

4. Alpukat

Freepik/azerbaijan_stockers

Buah alpukat tidak hanya kaya akan lemak sehat, tetapi juga mengandung vitamin K dalam jumlah yang cukup. Setengah buah alpukat mengandung sekitar 21 mcg vitamin K.

Alpukat juga mengandung asam folat yang penting untuk perkembangan saraf janin. Ibu hamil dapat mengonsumsi langsung alpukat sebagai camilan sehat atau dibuat jus yang menyegarkan untuk dikonsumsi selama kehamilan.

5. Daging ayam

Freepik/jcomp

Selain mudah diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat, daging ayam juga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Termasuk juga vitamin K.

Dalam 100 gr daging ayam mengandung sekitar 60 mcg vitamin K. Selain itu, ayam juga tinggi protein yang baik untuk mendukung perkembangan jaringan dan organ tubuh janin di dalam kandungan.

6. Hati sapi

Freepik/azerbaijan_stockers

Hati sapi juga mengandung vitamin K yang cukup tinggi. Dalam 100 gr hati sapi mengandung sekitar 106 mcg vitamin K.

Hati sapi juga mengandung vitamin B kompleks, terutama vitamin B12 dan juga zat besi yang baik untuk mencegah anemia.

Selain itu, terdapat juga kandungan vitamin A untuk menjaga kesehatan mata dan rambut, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Keju

Pixabay.com/lipefontes0

Keju merupakan salah satu sumber vitamin K2 terbaik. Selain vitamin K, keju juga mengandung nutrisi lainnya, seperti kalsium, vitamin A, dan protein.

Namun, keju juga mengandung lemak jenuh dan kalori yang tinggi. Jadi, ibu hamil juga perlu membatasi porsinya untuk mencegah kenaikan berat badan berlebih.

8. Kuning telur

Freepik/4045

Kuning telur dapat mengandung antara 67 hingga 192 mcg vitamin K2. Namun, jumlah ini bergantung pada jenis dan kualitas telur yang dikonsumsi. 

Sebagian besar pakan ayam diperkaya dengan vitamin K, yang kemudian akan masuk ke dalam telur. Namun, ayam yang diberi makan jagung atau kedelai lebih berisiko mengalami kekurangan vitamin K, begitu pula telur yang dihasilkan.

Itu dia 8 makanan sumber vitamin K untuk ibu hamil. Tak hanya vitamin K, pastikan Mama juga mendapat nutrisi seimbang lainnya untuk kesehatan mama dan si Kecil di dalam kandungan, ya!

Baca juga:

The Latest