TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

15 Manfaat Anggur Muscat untuk Ibu Hamil

Anggur Muscat kaya akan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil

freepik

Selama kehamilan, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sayur, buah, kacang-kacangan, biji-bijian, daging, dan makanan laut agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan baik. Hal ini penting untuk dilakukan agar si Kecil di dalam kandungan mama tumbuh dan berkembangan dengan baik dan sehat hingga hari kelahiran tiba.

Meskipun begitu, Mama harus tetap selektif dalam memilih asupan yang akan dikonsumsi, memahami apa saja kandungan yang ada di dalamnya, serta manfaat dari makanan tersebut, contohnya adalah anggur.

Muscat menjadi salah satu varian buah anggur yang lezat dan manis.  Anggur Muscat juga kaya akan nutrisi baik untuk kesehatan. Lalu, apa saja manfaat anggur Muscat untuk ibu hamil?

Berikut ini Popmama.com telah merangkum informasinya dengan jelas dan lengkap. Simak, yuk, Ma!

Manfaat Anggur Muscat untuk Ibu Hamil

pixabay/gutife

Berbeda dengan jenis anggur pada umumnya, anggurMuscat berukuran lebih besar, berwarna hijau, dan tidak berbiji. Anggur ini biasanya tumbuh di Jepang atau Korea Selatan dan dijual dengan harga yang terbilang cukup mahal harga anggur biasa.

Melansir Earth to Veg, anggur Muscat bertekstur padat dan renyah tanpa ada serat atau serabut yang biasa ditemukan pada bagian tengah anggur. Daging buahnya kenyal mirip dengan jeli dan bagian kulitnya memiliki rasa yang sedikit asam tetapi mudah untuk dikupas.

  1. Anggur Muscatsangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil karena rendah kalori, rendah lemak, mengandung serat dan air yang mampu membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga sangat cocok untuk Mama yang ingin mengonsumsi makanan lezat tanpa khawatir berat badan bertambah.
  2. Sifat anti-inflamasi yang terkandung mampu mengendalikan peradangan yang memburuk selama kehamilan.
  3. Senyawa antioksidan seperti flavonol, tannin, dan antosianin membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah infeksi.
  4. Kram selama kehamilan dapat berkurang melalui kandungan magnesium di dalam anggur Muscat.
  5. Masalah sembelit juga bisa tertangani dengan tingginya kandungan serat.
  6. Senyawa resveratrol mampu mengontrol kadar kolestrol selama kehamilan.
  7. Memperkuat sistem kekebalan tubuh melalui vitamin A, vitamin K, dan zinc.
  8. Kalium membantu menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh.
  9. Kalsium untuk memperkuat tulang dan gigi.
  10. Kandungan zat besi dalam anggur Muscat bisa mencegah anemia selama kehamilan dan membantu menyeimbangkan kadar hemoglobin.
  11. Senyawa polifenol membantu mengurangi risiko penyakit jantung.
  12. Untuk janin, nutrisi baik seperti vitamin A dan flavonol yang ada di dalam anggur Muscat membantu meningkatkan daya ingat dan penglihatan serta menstimulasi pertumbuhan otak.
  13. Vitamin B yang terkandung melancarkan metabolisme tubuh dan membantu janin menerima lebih banyak nutrisi.
  14. Kandungan natrium alami membantu perkembangan sistem saraf bayi.
  15. Resveratrol yang berperan menstabilkan kolekstrol pada ibu hamil membuat bayi yang belum lahir memiliki jantung yang sehat.

Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Mengonsumsi Anggur Muscat

freepik

Terlepas dari kandungan gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk kehamilan, Mama harus memperhatikan beberapa hal ini sebelum mengonsumsinya, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Alergi terhadap anggur.
  • Memiliki riwayat penyakit diabetes. Perlu diingat bahwa kadar gula dalam anggur Muscat cukup tinggi.
  • Memiliki riwayat penyakit maag dan masalah pencernaan lainnya yang bisa kambuh jika mengonsumsi anggur.
  • Sifat asam pada anggur mampu menyebabkan masalah pencernaan. Hindari mengonsumsi anggur dalam keadaan perut sedang kosong agar terhindari dari risiko gangguan pencernaan.
  • Cuci buah anggur Muscat dengan bersih sebelum dimakan untuk menghilangkan pestisida, bakteri, parasit, atau organisme lainnya dari kulit buah.

Efek Samping Terlalu Banyak Mengonsumsi Anggur Muscat saat Hamil

pixabay/jaclou-dl

Jika Mama mengonsumsi terlalu banyak anggur Muscat selama kehamilan, Mama mungkin akan merasakan efek samping seperti:

  • Ketidakseimbangan gula darah dalam tubuh.
  • Berat badan yang bertambah.
  • Nyeri di bagian ulu hati dan GERD.

Itulah informasi mengenai manfaat anggur Muscat untuk ibu hamil. Meskipun dikenal lezat dan memiliki banyak manfaat, ibu hamil tetap harus membatasi konsumsi anggur Muscat agar terhindar dari risiko keracunan atau efek samping lainnya.

Baca juga:

 

The Latest