TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

9 Manfaat Buah Durian untuk Ibu Hamil, Bisa Mencegah Bayi Lahir Cacat

Ibu hamil boleh makan durian asal tidak berlebihan

Freepik/jcomp

Durian adalah buah yang bergizi tinggi. Selalu ada banyak spekulasi mengenai apakah durian boleh dikonsumsi selama kehamilan atau tidak.

Di beberapa negara Asia, durian dianggap tabu bagi ibu hamil karena diyakini dapat menimbulkan panas dalam tubuh sehingga dapat berdampak buruk pada bayi yang belum lahir. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan hal tersebut.

Jadi, bolehkah ibu hamil makan durian?

Tentu ibu hamil boleh mengonsumsi buah yang satu ini. Mengonsumsi durian saat hamil memberikan manfaat bagi ibu hamil karena mengandung vitamin, mineral, organosulfur, dan triptofan yang memiliki efek antioksidan. Sifat antibakteri, antijamur, dan antimikroba menjadikannya pilihan yang aman bagi ibu hamil selama kehamilan.

Secara spesifik, berikut adalah manfaat buah durian untuk ibu hamil yang telah Popmama.com rangkum untuk Mama.

Manfaat Buah Durian untuk Ibu Hamil

Pexels/Tom Fisk

Buah durian memiliki banyak nutrisi yang penting bagi tubuh ibu hamil. Buah durian memiliki sifat antimikroba, antibakteri dan antijamur dan dapat bermanfaat bagi ibu hamil. Berikut daftar manfaat buah durian untuk ibu hamil:

1. Kaya serat makanan

Banyak ibu hamil yang mengalami sembelit akibat perubahan hormonal dalam tubuhnya. Durian bertindak sebagai pencahar alami dan membantu menghilangkan bahan kimia berbahaya dari usus. Kandungan seratnya juga melindungi selaput lendir, mengurangi paparan racun.

2. Sumber folat yang baik

Durian kaya akan asam folat yang dapat membantu mencegah cacat lahir pada bayi baru lahir. Satu 100 gram durian menyediakan 9% kebutuhan asam folat harian.

3. Kaya vitamin B

Durian kaya akan vitamin seperti riboflavin, niasin, dan tiamin. Ini bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil secara keseluruhan.

4. Kaya antioksidan

Durian mengandung zinc, triptofan dan organo-sulfur yang memiliki efek antioksidan. Buah durian juga melindungi ibu hamil dan janin dari serangan polutan dan radikal bebas.

5. Kaya vitamin C

Vitamin C tidak hanya membantu sistem kekebalan tubuh, tetapi juga membantu ibu hamil dan janin dalam kandungan menyerap kalsium dan zat besi.

6. Dikemas dengan mineral

Durian kaya akan mineral seperti zat besi, tembaga, mangan, dan magnesium, yang membuatnya sangat bermanfaat bagi ibu hamil yang membutuhkan peningkatan suplai darah untuk pertumbuhan janinnya.

7. Mencegah keasaman

Ini dapat membantu mencegah keasaman, karena memiliki tindakan antasida karena kandungan airnya yang tinggi.

8. Melawan depresi

Buah durian dapat membantu melawan depresi selama kehamilan dan setelah melahirkan.

9. Tinggi energi

Buah durian tinggi energi, serta mineral dan vitamin. Durian terbuat dari daging lembut yang mudah dicerna. Ini mengandung gula sederhana, seperti fruktosa dan sukrosa yang akan memberi Mama energi dan membuat merasa energik.

Berapa Banyak Durian yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil?

Pixabay/Najibzamri

Jumlah durian yang boleh dikonsumsi ibu hamil dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti pola makannya secara keseluruhan, status kesehatan, dan toleransi terhadap makanan tertentu.

Karena kandungan kalori dan gulanya yang tinggi serta baunya yang menyengat, yang dapat memicu mual atau ketidaknyamanan pencernaan pada beberapa orang, ibu hamil disarankan untuk menikmati durian sesekali dalam porsi kecil hingga sedang dengan pola makan seimbang.

Ibu Hamil dengan Kondisi Ini Dilarang Makan Durian!

Freepik

Buah durian memang boleh dikonsumsi ibu hamil, tapi tidak semua ibu hamil boleh mengonsumsi buah yang identik dengan buah yang berwarna kuning ini. Ibu hamil dengan kondisi tertentu dilarang mengonsumsi buah durian karena dapat membahayakan ibu hamil itu sendiri dan janin di dalam kandungannya. Ibu hamil dengan kondisi di bawah ini dilarang keras mengonsumsi buah durian:

  • Ibu hamil dengan diabetes gestasional
  • Ibu hamil dengan riwayat diabetes gestasional sebelumnya
  • Ibu hamil dengan riwayat keluarga diabetes
  • Ibu hamil yang mengalami obesitas
  • Ibu hamil yang telah sangat disarankan untuk tidak menambah berat badan selain yang direkomendasikan
  • Ibu hamil di trimester ketiga

Itu tadi manfaat buah durian untuk ibu hamil. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi durian, terutama jika Mama baru pertama kali mengonsumsinya.

Baca juga:

The Latest