TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

14 Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil, Bantu Perkembangan Otak Janin

Kaya vitamin C, buah jambu biji dapat memenuhi banyak kebutuhan nutrisi ibu hamil

Freepik/Ikarahma

Jambu biji adalah buah yang manis dan lezat, baik mentah maupun matang, renyah atau lembut dan halus. Secara umum jambu biji aman dan sehat dikonsumsi pada semua tahap kehamilan. Ibu hamil juga boleh mengonsumsinya setiap hari selama tidak berlebihan, karena banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Adapun jumlah jambu biji yang disarankan untuk ibu hamil adalah sebanyak 100-125 gram atau sekitar dua cangkir. Selalu ingat bahwa mengonsumsi apa pun secara berlebihan dapat merugikan kesehatan dan harus dihindari untuk mencegah efek buruk pada janin.

Seperti yang sudah disebut tadi, jambu biji kaya akan nutrisi, sehingga memberikan banyak manfaat kesehatan. Di bawah ini Popmama.com telah mengulas manfaat jambu biji untuk ibu hamil. Apa saja?

Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil

Freepik/jeswin

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Jambu biji kaya akan vitamin C yang berperan penting dalam memperkuat sistem imun. Jambu biji meningkatkan metabolisme dan imunitas tubuh, sehingga melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi.

2. Menyeimbangkan tekanan darah

Mama rentan terhadap hipertensi gestasional selama kehamilan. Mengonsumsi jambu biji dapat membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali dan mencegah risiko seperti keguguran dan kelahiran prematur. Jambu biji kaya akan kalium, dan mengonsumsi buah ini membantu menjaga tekanan darah tetap optimal dan mencegah lonjakan tekanan darah.

3. Mengatur kadar gula darah

Diabetes gestasional (GD) merupakan salah satu kondisi medis umum yang dihadapi selama kehamilan, terutama pada minggu ke-24. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), GD memengaruhi enam hingga sembilan persen kehamilan di AS.

Para ahli menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi makanan sehat yang dapat membantu mereka mencegah lonjakan gula darah. Jambu biji merupakan buah sehat dengan kandungan serat tinggi dan karbohidrat kompleks, yang memperlambat pencernaan dan penyerapan gula yang dapat membantu mencegah lonjakan gula darah.

5. Memperbaiki pencernaan

Mengonsumsi jambu biji selama kehamilan membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Ini mencegah masalah pencernaan seperti mulas dan mual.

Mengonsumsi makanan alkali dianjurkan selama kehamilan karena dapat menurunkan risiko peningkatan asam lambung dan refluks gastroesofageal. Jambu biji bersifat alkali dan membantu menyeimbangkan kadar asam lambung. Mengonsumsi jambu biji di antara waktu makan memastikan kadar pH lambung terjaga dan seimbang.

6. Menurunkan risiko kanker

Kanker jarang terjadi pada ibu hamil dengan insidensi 1 dari 1.000. Namun, mencegah lebih baik daripada mengobati. Jambu biji mengandung antioksidan yang melawan kanker. Jambu biji juga kaya akan likopen dan vitamin C, yang dapat membantu detoksifikasi tubuh.

8. Membantu sistem saraf pada bayi

Jambu biji mengandung asam folat dan vitamin B9, yang membantu perkembangan otak dan sistem saraf pada bayi. Asam folat merupakan vitamin penting bagi ibu hamil, dan untuk mencegah cacat tabung saraf seperti spina bifidai, disarankan untuk mengonsumsi jambu biji yang sudah matang sepenuhnya selama kehamilan.

10. Menenangkan pikiran

Stres selama kehamilan melepaskan kortisol, yang dapat berdampak buruk pada kondisi Mama. Jambu biji merupakan sumber magnesium yang kaya yang dapat menenangkan saraf dan otot. Oleh karena itu, jambu biji dapat meredakan stres dan membuat Mama merasa ringan.

11. Mengontrol kolesterol darah

Serat dalam jambu biji baik untuk jantung mama. Serat membantu mengontrol kadar kolesterol darah yang merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskular. Asupan serat yang tinggi dilaporkan menyebabkan peningkatan HDL yang signifikan dan penurunan kadar LDL. Jambu biji kaya akan serat larut yang menurunkan LDL atau kolesterol jahat.

13. Kaya vitamin B3 dan B6

Jambu biji juga merupakan sumber vitamin B3 dan B6 alami yang sangat baik, yang meningkatkan kesehatan otak janin dan meningkatkan fokus serta tingkat konsentrasi pada ibu hamil.

14. Mengatasi morning sickness

Kandungan vitamin C dalam jambu biji baik untuk mengatasi morning sickness. Kunyah jambu biji segera setelah Mama merasa mual. ​​Dan, mengonsumsinya tanpa biji bersama dengan buttermilk dapat menstabilkan perut dan mencegah muntah.

Apa pun yang Mama konsumsi harus secukupnya untuk memastikan kesehatan ibu yang baik. Hal yang sama berlaku untuk jambu biji juga, karena memakannya secara berlebihan dapat menimbulkan masalah.

Risiko Mengonsumsi Jambu Biji selama Kehamilan

Pixabay/6437364

Mengonsumsi jamu biji memang kaya manfaat untuk kesehatan untuk ibu hamil, namun jika dikonsumsi secara berlebihan juga memberikan efek samping seperti berikut:

  • Karena jambu biji kaya akan serat, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan diare.
  • Mengonsumsi jambu biji mentah atau setengah matang selama kehamilan harus dihindari, karena dapat menyebabkan sakit gigi atau masalah gigi.
  • Jambu biji yang tidak dicuci atau tidak dikupas dapat mengandung infeksi yang menyebabkan listeriosis dan sejenisnya.
  • Jangan mengonsumsi obat atau suplemen jambu biji – yang terbaik adalah mengonsumsi buah dalam bentuk aslinya.

Itu tadi manfaat jambu biji untuk ibu hamil dan efek sampingnya jika dikonsumsi secara berlebihan. Apakah Mama suka mengonsumsi buah jambu biji?

Baca juga:

The Latest