TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Posisi Tidur Ibu Hamil saat Asam Lambung Naik

Posisi tidur yang tepat dapat mencegah asam lambung naik

freepik/freepik

Posisi tidur selama hamil merupakan salah satu hal yang perlu Mama perhatikan, sebab beberapa gejala kesehatan yang ibu hamil alami mungkin dapat mengganggu kenyamanan Mama. 

Mama yang sedang hamil mungkin pernah mengalami gejala asam lambung naik yang membuat kondisi tubuh terutama bagian perut tidak nyaman. Untuk mengatasi dan membuat tidur merasa nyaman, Mama perlu memperhatikan posisi tidur saat hamil.

Bagaimana posisi tidur ibu hamil yang tepat saat asam lambung naik?

Berikut ini Popmama.com telah merangkum informasi mengenai posisi tidur ibu hamil saat asam lambung naik. Disimak, yuk. Ma!

1. Posisi kepala lebih tinggi saat tidur

freepik/krakenimages.com

Asam lambung naik memang membuat tidak nyaman, apalagi bagi perempuan yang sedang hamil. Mama dapat mengatasinya dengan memperhatikan posisi saat tidur.

Agar tidur Mama tetap nyaman dan gejala asam lambung naik mereda, ibu hamil dapat tidur dengan posisi kepala lebih tinggi. Posisi ini merupakan salah satu posisi tidur yang disarankan saat asam lambung naik.

Mama dapat tidur dengan bantal yang berlapis-lapis agar posisi kepala lebih tinggi. Tujuannya untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan yang kerap memicu rasa mual.

2. Posisi tidur miring ke arah kiri

Freepik/senivpetro

Selanjutnya posisi tidur ibu hamil yang menderita asam lambung naik adalah miring ke arah kiri. Tidur dengan posisi miring selama hamil memang disarankan.

Saat asam lambung Mama naik, tidur dengan posisi miring dapat mengurangi risiko naiknya asam lambung ke kerongkongan, Ma.

Selain mencegah asam lambung naik, posisi tidur miring ke arah kiri juga meningkatkan aliran darah lebih optimal ke janin di dalam kandungan dan mengurangi tekanan pada hati dan ginjal ibu hamil.

3. Tidur dengan posisi bersandar

Freepik/freepik

Posisi tidur selanjutnya yang dapat Mama terapkan saat hamil terutama bagi yang mengalami asam lambung naik adalah tidur dengan posisi bersandar.

Tidur bersandar selama hamil dapat meredakan gejala asam lambung naik. Mama dapat tidur dengan posisi bersandar di bantal yang ditumpuk atau menggunakan kursi malas.

Posisi Tidur yang Sebaiknya Dihindari

Freepik/freepik

Tidur dengan posisi lebih tinggi, miring ke arah kiri atau bersandar disarankan untuk ibu hamil terutama yang memiliki riwayat asam lambung naik.

Ada juga posisi tidur yang sebaiknya dihindari selama hamil agar nyaman dan meredakan gejala asam lambung naik.

Berikut beberapa posisi tidur yang sebaiknya dihindari ibu hamil:

1. Tidur dengan posisi telentang

Freepik/jcomp

Posisi tidur yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil adalah tidur dengan posisi telentang sebab posisi ini dapat meningkatkan risiko asam lambung naik selama hamil. 

Asam lambung dapat naik ke kerongkongan jika Mama tidur dengan posisi telentang karena posisi lambung dan kerongkongan sejajar. Sebab itu, sebaiknya hindari tidur terlentang selama hamil, Ma.

2. Posisi tidur miring ke arah kanan

Freepik/master1305

Ibu hamil juga sebaiknya dihindari selama hamil sebab posisi tidur ini dapat membuat katup otot di kerongkongan Mama menjadi lebih longgar.

Dengan ini, posisi tidur miring ke arah kanan dapat meningkatkan asam lambung naik ke kerongkongan, Ma.

Cara Meredakan Asam Lambung saat Hamil

freepik/senivpetro

Asam lambung yang naik selama hamil tentu membuat Mama tidak nyaman. Untuk itu, Mama perlu tahu cara meredakan asam lambung agar tidak muncul selama hamil.

Mengutip WebMD, berikut ini cara meredakan asam lambung saat hamil:

  • Hindari makanan yang digoreng, pedas, dan asam,
  • Makan dengan porsi kecil,
  • Kunyah makanan secara perlahan,
  • Minumlah sedikit saat makan,
  • Jangan langsung berbaring setelah makan,
  • Hindari merokok atau minum alkohol,
  • Jaga agar kepala lebih tinggi dari kaki saat tidur,
  • Gunakan pakaian longgar untuk menghindari tekanan pada perut.

Nah, itu dia beberapa posisi tidur ibu hamil saat asam lambung naik. Gejala kesehatan ini dapat diminimalisir dengan menjaga cara makan dan asupan selama hamil serta memperhatikan posisi ibu hamil saat tidur.

Semoga bermanfaat, Ma!

Baca juga:

The Latest