TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Vagina Bau tapi Tidak Gatal saat Hamil, Apa Penyebabnya?

Perubahan hormon memicu bakteri berkembang dengan cepat di area kewanitaan, Ma

Freepik/wayhomestudio

Berbagai perubahan hingga gejala kesehatan yang terjadi selama hamil sebenarnya normal karena dipengaruhi oleh perubahan hormon. Namun tak sedikit juga ibu hamil khawatir dengan perubahan yang dialami.

Salah satu yang mungkin terjadi saat hamil adalah vagina berbau. Kondisi ini sebenarnya normal terjadi pada ibu hamil, Ma.

Meski normal terjadi, tentu bau menyengat yang terdapat di area kewanitaan membuat Mama tidak nyaman, bukan? Kira-kira penyebabnya apa, ya, Ma?

Berikut ini Popmama.com telah merangkum penyebab vagina bau tapi tidak gatal saat hamil. Yuk, disimak!

1. Terdapat keputihan di bagian dalam vagina

freepik/gpointstudio

Vagina yang terasa bau saat hamil bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adanya keputihan. Jika bau tidak disertai dengan gatal, bisa jadi penyebabnya ada keputihan di bagian dalam vagina, Ma.

Keputihan saat hamil sebenarnya normal terjadi karena dipengaruhi oleh peningkatan kadar hormon dan aliran darah ke vagina.

2. Adanya luka di jalan lahir

Freepik/freepik

Vagina berbau juga bisa disebabkan oleh adanya luka di jalan lahir. Luka yang terdapat di bagian dalam vagina dapat memicu bau tak sedap yang membuat ibu hamil tidak nyaman.

Bukan hanya dipengaruhi oleh produksi hormon saja, hubungan seksual terlalu ekstrem juga dapat menyebabkan luka di bagian dalam vagina dan memicu bau tak sedap.

3. Infeksi pada vagina

Freepik/Doucefleur

Selanjutnya penyebab vagian ibu hamil dapat berbau tak sedap meskipun tak gatal adalah karena adanya infeksi. Kadar bakteri normal yang tidak seimbang pada vagina dapat memicu kemunculan bakteri yang dapat menyebabkan vagina berbau.

Untuk itu, Mama dapat menjaga kebersihan area intim agar terhindar dari bau tak sedap akibat adanya infeksi.

Peningkatan Produksi Hormon Memicu Perkembangan Bakteri

freepik/user15285612

Dari penyebab yang telah disebutkan sebelumnya, vagina yang berbau juga dipengaruhi oleh peningkatan produksi hormon kehamilan.

Hormon estrogen dan progesteron yang meningkat saat hamil ini membuat bakteri berkembang biak lebih cepat terutama di area vagina. Hal ini yang akhirnya memicu kondisi vagina berbau atau bahkan gatal.

Meski demikian, Mama tidak perlu khawatir selama menjaga kebersihan area kewanitaan dengan rutin. Selain itu, selama hamil sebaiknya jangan gunakan pakaian dalam terlalu ketat agar tidak iritasi dan memicu bau tak sedap, ya, Ma.

Sebaiknya Lakukan Pemeriksaan pada Bagian Dalam Vagina

Freepik/wavebreakmedia_micro

Mengutip dari laman Instagramnya, dr. Keven Tali, Sp.OG menyarankan bagi ibu hamil yang mengalami kondisi vagina gatal tanpa berbau sebaiknya melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Karena apabila terjadi perubahan, misalnya ada bau yang tidak sedap, itu adalah satu tanda yang harus kita perhatikan bahwa kita harus periksa nih di bagian dalamnya ada apa. Karena belum tentu kita kelihatan dari luarnya aja,” jelas Dokter Keven.

Bau yang muncul dari vagina tanpa disertai gejala lain bisa jadi disebabkan adanya kondisi yang salah di bagian dalam vagina bisa jadi karena infeksi atau kondisi lain sehingga memicu bau tak sedap. Namun untuk lebih jelasnya, pemeriksaan lebih lanjut disarankan agar tidak asal diagnosis, Ma.

Nah, itu dia penyebab vagina bau tapi tidak gatal saat hamil. Selama kehamilan, menjaga kebersihan area intim sangat penting agar tetap bersih dan terhindar dari penyakit.

Semoga bermanfaat, Ma!

Baca juga:

The Latest