TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Manfaat Minum Air Hangat untuk Ibu Hamil, Bantu Atasi Mual

Mengonsumsi air hangat secara rutin dapat meringankan keluhan yang kerap dialami ibu hamil

Freepik

Minum air hangat memiliki banyak manfaat kesehatan, tak terkecuali bagi para ibu hamil. Air hangat tidak hanya membantu menjaga hidrasi tubuh, tetapi juga dapat mendukung proses pencernaan yang sering kali terganggu pada ibu hamil. 

Menariknya lagi, konsumsi air hangat secara rutin dapat meredakan berbagai ketidaknyamanan yang sering dialami selama kehamilan, seperti mual dan kembung. Kebiasaan meminum air hangat dapat berefek pada kesehatan ibu hamil dan janin. 

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa manfaat minum air hangat untuk ibu hamil

1. Membantu mengatasi morning sickness

Freepik/Sosiukin

Morning sickness adalah salah satu masalah umum yang sering dialami oleh ibu hamil. Kondisi ini ditandai oleh rasa mual, muntah, dan pusing. 

Selain disebabkan oleh perubahan hormon, morning sickness juga bisa terjadi akibat kurangnya cairan dalam tubuh. Untuk membantu mencegah morning sickness, ibu hamil dapat mengonsumsi lebih banyak air hangat.

2. Menjaga kesehatan saluran pernapasan

Freepik/Freepik

Banyak yang tidak sadar bahwa batuk dan pilek ringan dapat diatasi tanpa obat. Salah satu cara untuk meredakan gejala pilek selama hamil adalah dengan minum air hangat.

Jika ibu hamil mulai merasa ada penumpukan dahak di tenggorokan atau hidung tersumbat, segera minum air hangat. 

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Rhinology, air hangat dapat menjadi solusi cepat dan tahan lama untuk mengatasi masalah tenggorokan, pilek, dan kelelahan. 

3. Membantu mengatasi sembelit

Freepik/freepik

Salah satu masalah umum yang sering dialami oleh ibu hamil adalah sembelit. Jika tidak ditangani, sembelit selama kehamilan bisa memicu gangguan lain pada sistem pencernaan. 

Menurut penelitian dalam jurnal International Scholars Conference, air hangat terbukti dapat merangsang gerakan peristaltik dan membantu melancarkan pembuangan feses dari usus besar. 

Bagi ibu hamil yang belum terbiasa minum air hangat, sebaiknya mulai membiasakan diri dengan mengonsumsinya di pagi hari sebelum sarapan.

4. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Freepik/Racool_studio

Sama seperti minum air dingin, air hangat juga membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Ibu hamil memerlukan sekitar 1,8–2 liter air setiap hari. Asupan cairan yang cukup dapat mencegah berbagai masalah selama kehamilan. 

Dengan memenuhi kebutuhan cairan, organ-organ tubuh ibu hamil akan berfungsi lebih optimal, sehingga dapat mengurangi efek negatif yang mungkin timbul akibat perubahan hormon selama kehamilan.

5. Membantu mendetoksifikasi racun dalam tubuh

Freepik/freepik

Minum air hangat selama kehamilan dapat membantu memperlancar pencernaan, sehingga racun dalam tubuh lebih mudah dikeluarkan bersama feses. 

Pencernaan yang sehat memudahkan ibu hamil dalam menyerap nutrisi dari makanan. Asupan gizi yang cukup sangat penting selama kehamilan untuk memastikan perkembangan janin berjalan dengan baik.

6. Membantu meredakan kram pada tubuh

Freepik/EyeEm

Seiring dengan bertambah besarnya perut ibu hamil, tekanan pada otot, sendi, dan pembuluh darah juga meningkat. Hal tersebut sering kali menyebabkan kram perut saat hamil. 

Mama bisa meminum air hangat untuk meredakannya. Suhu hangat dari air membantu melemaskan otot yang tegang sehingga kram dapat berangsur hilang. 

Selain minum, berendam dalam air hangat juga efektif untuk meredakan kram yang disebabkan oleh pertumbuhan janin yang semakin besar.

7. Menenangkan pikiran ibu hamil

Freepik/shurkin_son

Selain memberikan manfaat fisik, minum air hangat juga bermanfaat bagi kesehatan mental ibu hamil. Bagi sebagian orang, minum air hangat dapat memberikan rasa tenang. 

Ketika pikiran lebih tenang, ibu hamil dapat terhindar dari stres yang sering muncul akibat kekhawatiran, terutama terkait kesehatan janin. Hal ini sangat penting karena stres selama kehamilan dapat berdampak negatif pada perkembangan janin.

Itu dia beberapa manfaat minum air hangat untuk ibu hamil. Semoga bisa menjadi ilmu baru bagi Mama, ya!

Baca juga: 

The Latest