TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Manfaat Sayur Pakis untuk Ibu Hamil, Mencegah Bayi Lahir Cacat

Mudah ditemukan, sayur pakis mengandung banyak gizi bermanfaat untuk ibu hamil dan janin

Wikimedia/Judgefloro

Sayur pakis menjadi salah satu tumbuhan hijau yang sering ditemui di Indonesia. Memiliki kandungan gizi yang kaya, sayuran satu ini bisa banget jadi andalan ibu hamil dalam menyajikan menu sehari-hari. 

Diketahui, sayur pakis dikenal sebagai sumber nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Tumbuhan hijau ini mengandung berbagai vitamin dan mineral penting yang dapat membantu mendukung perkembangan janin. 

Nah, kali ini Popmama.com siap membahas lebih lanjut beberapa manfaat sayur pakis untuk ibu hamil

1. Sumber asam folat untuk perkembangan janin

Freepik

Asam folat merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil untuk mendukung perkembangan otak dan sistem saraf janin. 

Sayur pakis mengandung asam folat yang membantu mencegah cacat tabung saraf (neural tube defects) pada bayi, seperti spina bifida. Mengonsumsi sayur pakis dapat membantu mencukupi kebutuhan asam folat selama kehamilan.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Freepik/Tiarachardz

Kehamilan menyebabkan perubahan besar dalam tubuh mama, termasuk dalam sistem kekebalan tubuh. Sayur pakis kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

Ini membantu melindungi ibu hamil dari infeksi dan penyakit, serta mendukung pemulihan yang lebih cepat ketika sakit.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Pexels/yan krukau

Serat dalam sayur pakis berperan penting untuk menjaga kesehatan pencernaan ibu hamil. Banyak ibu hamil mengalami masalah sembelit akibat perubahan hormon selama kehamilan. 

Dengan kandungan seratnya yang tinggi, sayur pakis membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus.

4. Menjaga keseimbangan cairan tubuh

freepik/shurkin_son

Sayur pakis memiliki kandungan kalium yang baik untuk membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Ini penting karena selama kehamilan, karena tubuh memerlukan lebih banyak cairan untuk mendukung pertumbuhan janin dan menjaga kesehatan ibu hamil

Kalium dalam sayur pakis dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah risiko tekanan darah tinggi yang dapat membahayakan kehamilan.

5. Sumber zat besi untuk mencegah anemia

Freepik/freepik

Anemia atau kekurangan zat besi adalah salah satu masalah yang sering dialami ibu hamil. Sayur pakis mengandung zat besi yang penting untuk meningkatkan produksi sel darah merah. 

Zat besi membantu mencegah anemia selama kehamilan, sehingga ibu hamil dapat tetap energik dan sehat.

6. Mendukung pembentukan tulang dan gigi janin

Freepik/freepik

Sayur pakis kaya akan kalsium dan fosfor. Dua mineral penting tersebut dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin. Mengonsumsi sayur pakis dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian.

Asupan kalsium yang cukup juga bermanfaat bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan tulang, terutama karena janin menyerap kalsium dari tubuh mama selama masa kehamilan. 

7. Membantu mengatasi morning sickness

Freepik/8photo

Morning sickness atau mual pada awal kehamilan bisa sangat mengganggu bagi banyak ibu hamil. Dengan kandungan nutrisi yang baik, mengonsumsi sayur pakis dapat membantu mengurangi gejala ini.

Kombinasi vitamin dan mineral dalam pakis mendukung keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama trimester pertama, sehingga dapat membantu meredakan gejala morningsickness.

Itu dia beberapa manfaat sayur pakis untuk ibu hamil. Dengan kandungan gizi lengkap dan manfaat kesehatan yang beragam, sayur pakis dapat menjadi pilihan terbaik untuk ibu hamil. 

Baca juga:

The Latest