TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

8 Rekomendasi Paracetamol yang Aman untuk Ibu Hamil

Jangan asal pilih paracetamol, Ma!

Mama mungkin pernah direkomendasikan paracetamol saat demam atau merasakan nyeri, kan? Tenang saja, Ma! Obat ini aman digunakan oleh siapa saja, termasuk ibu hamil.

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua jenis paracetamol aman untuk ibu hamil. Mama perlu teliti memeriksa kandungan lainnya.

Agar tidak salah pilih, berikut ini Popmama.com sudah merangkum rekomendasi paracetamol yang aman untuk ibu hamil.

1. Biogesic

Shopee.co.id

Rekomendasi paracetamol untuk ibu hamil yang pertama adalah Biogesic. Obat ini mengandung 500 mg paracetamol, yang berguna untuk mengatasi sakit kepala, sakit gigi, dan menurunkan demam.

Paracetamol dalam Biogesic bertindak sebagai antipiretik dan analgesik. Dengan demikian, Biogesic bisa menjadi solusi saat ibu hamil mengalami gejala tersebut. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet dan aman untuk dikonsumsi selama tidak melebihi dosis yang dianjurkan.

Harga: Rp 2.000 untuk (4 tablet) dan Rp 57.500 untuk (60 tablet).

2. Dumin

Blibli.com

Rekomendasi paracetamol untuk ibu hamil selanjutnya adalah Dumin. Obat ini mengandung 500 mg paracetamol yang efektif meredakan nyeri kepala, nyeri gigi, dan demam.

Bagi ibu hamil dan menyusui yang mengalami gejala seperti sakit kepala atau demam ringan, Dumin bisa menjadi pilihan yang aman selama dikonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan.

Selama tidak berlebihan, Dumin tidak akan menimbulkan efek samping pada ibu hamil atau janin. 

Harga: Rp 7.000 - 10.000 per blister isi 10 tablet, tergantung wilayah.

3. Farmadol

Shopee.co.id

Seperti paracetamol lainnya, Farmadol juga bermanfaat untuk meredakan nyeri kepala dan demam. Farmadol mengandung 500 mg paracetamol, yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Dengan bentuk kaplet, Farmadol mudah dibawa saat bepergian.

Penting untuk mengonsumsi Farmadol sesuai dengan dosis yang dianjurkan agar tidak mengganggu perkembangan janin.

Harga Rp 6.615 untuk 500 mg per strip 10 tablet

4. Itamol

Blibli.com

Obat yang mengandung paracetamol ini aman untuk ibu hamil dan menyusui. Setiap tablet mengandung 500 mg paracetamol.

Itamol dapat digunakan untuk menurunkan demam serta mengatasi berbagai jenis nyeri, seperti nyeri otot, sakit kepala, dan sakit gigi.

Harga Rp 4. 300 isi 10 tablet.

5. Panadol

Shopee.co.id

Merek obat ini sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Panadol Paracetamol atau Panadol Biru efektif untuk meredakan sakit kepala, nyeri, demam akibat flu atau pilek, serta sakit gigi pada ibu hamil. Terdapat berbagai jenis Panadol, sehingga ibu hamil perlu berhati-hati.

Ibu hamil dan menyusui dapat mengonsumsi Panadol dalam dosis rendah, yaitu 1–2 tablet per hari.

Namun, penting untuk dicatat bahwa ibu hamil pada trimester pertama sebaiknya menghindari salah satu jenis Panadol Cold & Flu, karena kandungan pseudoephedrine diduga dapat menyebabkan gastroschisis dan kelainan lahir pada bayi.

Harga Rp 14.000 untuk 10 tablet

6. Hufagesic

K24klik.com

Obat paracetamol yang aman untuk ibu hamil berikutnya adalah Hufagesic. Kandungan aktif dalam Hufagesic dapat membantu menurunkan demam dan meredakan nyeri yang terkait dengan influenza, sakit kepala, sakit gigi, serta flu.

Hufagesic tersedia dalam bentuk kaplet dan sirup untuk orang dewasa. Untuk ibu hamil, disarankan agar mengonsumsi paracetamol tidak lebih dari 1–2 tablet atau 500–1.000 mg per hari.

Harga Rp 3.500 (10 tablet) dan Rp 33.500 (100 kaplet) serta Rp 9.000 untuk jenis sirup.

7. Rodemol

Shopee.co.id

Berikutnya, terdapat Rodemol, obat yang diproduksi oleh Faratu dan mengandung 500 mg paracetamol. Rodemol bekerja dengan menghambat produksi prostaglandin dalam tubuh, yang berperan dalam menimbulkan nyeri dan demam.

Rodemol dapat digunakan oleh ibu hamil yang mengalami demam ringan. Obat ini juga efektif untuk meredakan nyeri ringan hingga sedang, seperti sakit kepala dan sakit gigi.

Harga mulai Rp 10.000 untuk 10 tablet, tergantung pada wilayah.

8. Sanmol

K24klik.com

Obat ini mengandung paracetamol dan direkomendasikan untuk ibu hamil dan menyusui. Sanmol bisa membantu meredakan demam serta nyeri, seperti nyeri punggung, sakit kepala, sakit gigi, dan nyeri saat haid.

Setiap tablet Sanmol mengandung 500 mg paracetamol, sehingga aman untuk dikonsumsi dalam dosis yang tepat.

Harga mulai Rp 3000 isi 4 tablet.

Itu dia rekomendasi paracetamol yang aman untuk ibu hamil. Semoga bisa menjadi referensi untuk Mama yang sedang mencari paracetamol yang aman.

Meski aman, disarankan untuk berkonsultasi kembali dengan dokter sebelum mengonsumsinya, sebab setiap kondisi kehamilan setiap mama berbeda.

Baca juga:

The Latest