TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

11 Buah untuk Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil

Sembelit merupakan salah satu keluhan yang sering dikeluhkan ibu hamil

Freepik/freepik

Selama masa kehamilan, sembelit merupakan permasalahan pencernaan yang umum dialami oleh ibu hamil. Selain karena perubahan hormon, sembelit saat hamil juga dapat disebabkan karena adanya tekanan pada rahim di sekitar area perut.

Untuk mengatasinya, Mama perly memperhatikan pola makan selama kehamilan, seperti memperbanyak konsumsi serat, mencukupi kebutuhan harian, hingga berolahraga untuk mendorong kerja sistem pencernaan tubuh.

Selain memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, buah-buahan nyatanya dapat membantu Mama dalam mengatasi sembelit. Sebab, kandungan serat dalam berbagai jenis buah mampu mengobati sembelit, sehingga pencernaan mama kembali lancar.

Oleh karenanya, berikut Popmama.com  telah merangkum beberapa jenis buah untuk mengatasi sembelit pada ibu hamil. Simak sampai akhir untuk mengetahuinya, Ma!

1. Pepaya

Freepik/jcomp

Pepaya adalah buah yang terkenal akan khasiatnya dalam melancarkan sistem pencernaan. Untuk itu, tidak mengherankan jika buah ini banyak dikonsumsi ibu hamil dengan keluhan konstipasi selama kehamilan.

Sebab, kandungan serat dan vitamin yang cukup tinggi dalam pepaya mampu membantu melunakkan feses yang mengeras, sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Selain itu, mengutip The Times of India, dalam satu buah pepaya terkandung beberapa enzim pencernaan, serat dan juga beberapa fruktosa, yang diketahui dapat menimbulkan efek pencahar, sehingga dapat meringankan gejala sembelit.

2. Mangga

Pexels.com/ROMAN ODINTSOV

Buah tropis dengan rasa asam dan manis ini dikenal akan kandungan seratnya yang tinggi. Melansir dari Medical News Today, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi mangga selama kehamilan dapat membantu Mama dalam mengurangi keluhan sembelit.

Hal ini karena mangga mengandung banyak serat makanan yang dapat membantu mendorong pergerakan usus, sehingga rasa sakit, kembung, dan gejala lainnya juga dapat berkurang.

3. Pisang

Freepik/KamranAydinov

Pisang adalah buah yang mengandung vitamin C, potasium, dan vitamin B6. Selain mengandung beberapa vitamin dan mineral yang penting bagi kehamilan, pisang juga relatif tinggi serat.

Melansir dari situs Healthline, pada satu buah pisang berukuran sedang, terkandung sekitar 3,1 gr serat di dalamnya. Oleh karenanya, mengonsumsi pisang dapat membantu Mama mengatasi keluhan sembelit selama masa kehamilan.

4. Pir

Pexels/Tatiana

Selain tinggi kandungan air, buah pir juga mengandung berbagai nutrisi, seperti serat, potasium, dan folat. Bahkan mengutip dari laman Eatingwell, buah pir juga dapat bertindak sebagai pencahar alami berkat kandungan fruktosanya yang tinggi yang dilengkapi dengan kandungan sorbitol.

Sorbitol sendiri merupakan gula alkohol yang tidak dapat terserap dengan baik yang justru menarik air ke usus besar.

Hal tersebut akan membuat tinja menjadi lunak dan lebih mudah dikeluarkan. Oleh karenanya, tak mengherankan jika buah pir menjadi salah satu buah yang ampuh mengatasi sembelit.

5. Semangka

Freepik/8photo

Meskipun kandungan serat dalam buah semangka tidak terlalu tinggi, akan tetapi melansir dari WebMD, 92% buah semangka terdiri dari air. Air inilah yang diketahui dapat mendorong feses sehingga memunculkan rasa ingin buang air besar.

Tidak hanya itu, buah semangka juga terkenal ampuh untuk memperlancar metabolisme, sehingga pencernaan mama akan kembali lancar setelah mengonsumsinya.

6. Alpukat

Freepik/Jcomp

Buah alpukat mengandung vitamin C, E, K, asam lemak tak jenuh tunggal, potasium, dan serat. Kandungan serat inilah yang bekerja dalam mengatasi sembelit selama kehamilan. Pada satu buah alpukat yang sudah dipotong-potong, diketahui mengandung sekitar 9.78 gr serat.

Mengutip dari Taste of Home, kandungan serat dan magnesium dalam alpukat dapat membantu menarik air kembali ke usus sehingga feses menjadi tetap lembut dan mudah dikeluarkan. Buah ini juga bermanfaat dalam proses pembentukan jaringan kulit dan otak janin.

7. Jambu biji

Pixabay/Einszweifrei

Jambu biji memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Melansir dari Healthline, buah ini diketahui dapat mencukupi 12% kebutuhan serat per harinya.

Tidak hanya itu, mengutip dari WebMD, jambu biji juga membantu melancarkan pencernaan sekaligus melunakkan feses. Kondisi tersebut tentunya akan membantu meringankan gejala sembelit dan meredakan masalah pencernaan lainnya.

8. Stroberi

Freepik/kues1

Mengonsumsi buah stroberi selama kehamilan akan membantu Mama dalam menjaga pergerakan usus secara teratur.

Selain itu, melansir dari Medical News Today, serat dalam stroberi juga mampu mendorong pergerakan feses melalui saluran usus, yang membantu mencegah dan mengatasi sembelit.

9. Buah naga

Pexels/AnyLane

Kandungan serat dalam buah naga akan memberikan manfaat untuk mengatasi sembelit yang sering terjadi pada ibu hamil. Terlebih lagi buah ini juga memiliki sifat detoksifikasi yang kuat. Seratnya dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dan membantu mengatur proses buang air besar.

Untuk itu, mengutip dari Sprout Living, mengonsumsi buah naga secara rutin selama kehamilan dapat membantu Mama melawan sembelit dan menjadikan sistem pencernaan mama kembali normal.

10. Manggis

Freepik/topntp26

Buah yang memiliki julukan “The Queen of Tropical Fruit” ini selain memiliki rasa yang manis dan warnanya yang unik, ternyata juga dapat bermanfaat untuk mengobati sembelit selama kehamilan, lho!

Melansir dari MedicineNet, mengonsumsi buah manggis dapat mengobati sembeli, sebab buah ini tinggi kandungan serat dan memiliki kandungan yang dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan, sehingga buah ini dapat bantu melancarkan pencernaan.

11. Anggur

Freepik/jannoonn028

Melansir dari jurnal yang diterbitkan oleh Wiley Online Library, kandungan serat dalam buah anggur diketahui dapat bantu mencukupi kebutuhan serat harian selama masa kehamilan.

Untuk itu, tidak mengherankan jika mengonsumsi buah ini juga akan mengatasi sekaligus menurunkan risiko sembelit yang kerap dialami oleh ibu hamil, terlebih jika Mama mengonsumsi suplemen yang mengandung zat besi.

Itu tadi ulasan terkait jenis buah untuk mengatasi sembelit pada ibu hamil. Yuk, rutin makan buah, Ma!

Baca juga:

The Latest