TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Cara Mengonsumsi Alpukat untuk Ibu Hamil agar Tidak Bosan

Buah alpukat mudah diolah menjadi berbagai hidangan

Freepik/jcomp

Selama masa kehamilan, Mama akan lebih selektif ketika mengonsumsi makanan tertentu. Mama mungkin akan lebih detail ketika memperhatikan gizi dan nutrisi yang terkandung dalam makanan sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya.

Mengonsumsi buah-buahan sangat disarankan selama kehamilan. Sebab, buah-buahan mengandung berbagai macam vitamin, mineral, dan zat gizi lainnya yang bermanfaat untuk perkembangan si Kecil.

Alpukat jadi salah satu buah yang disarankan. Selain rasanya yang lezat, nyatanya buah ini juga menawarkan beragam nutrisi di dalamnya. Buah alpukat juga merupakan buah yang mudah diolah menjadi berbagai menu masakan, lho!

Berikut ini Popmama.comtelah merangkum beberapa cara konsumsi alpukat untuk ibu hamilagar tidak bosan.

Yuk, simak hingga akhir untuk ketahui berbagai caranya, Ma!

Kandungan Nutrisi dalam Buah Alpukat

Pexels/readymade

Buah alpukat merupakan buah yang mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang amat baik untuk tubuh. Buah yang satu ini terkenal akan kandungan asam folat serta lemak tak jenuh tunggal yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil.

Tidak mengherankan jika buah alpukat begitu disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil,

Mengutip dari Critical Review in Food Science and Nutrition, berikut beberapa nutrisi yang terkandung dalam buah alpukat:

  • Asam lemak tak jenuh tunggal: 6,7 g
  • Serat: 4,6 g
  • Asam folat: 60 mg
  • Asam pantotenat: 1,0 mg
  • Fitosterol: 57 mg
  • Vitamin C: 6 mg
  • Vitamin E: 1,3 mg
  • Kalium 345 mg
  • Magnesium: 19,5 mg
  • Natrium: 5,5 g
  • Lutein: 185 mcg

Selain beberapa nutrisi di atas, buah alpukat juga mengandung beberapa nutrisi lainnya, seperti vitamin A, B6, K, riboflavin, niasin, dan kolin.

Melihat beragam nutrisi yang ada dalam buah alpukat, tentunya buah ini menawarkan berbagai manfaat bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat yang bisa Mama dapatkan ketika mengonsumsi buah alpukat selama masa kehamilan:

  • Menjaga berat badan ideal, kandungan serat dan lemak sehat dalam buah alpukat dapat membuat Mama merasa kenyang lebih lama. Sehingga, berat badan selama kehamilan pun juga akan ikut terjaga.
  • Mencegah sembelit, tidak hanya mampu menjaga berat badan, serat dalam buah alpukat juga mampu mencegah sekaligus mengatasi masalah sembelit selama kehamilan.
  • Meringankan gejala kram kaki, kandungan kalium, kalsium, dan magnesium dalam alpukat dikenal mampu meringankan keluhan kram kaki pada ibu hamil.
  • Menjaga tekanan darah, buah alpukat ternyata juga efektif menjaga tekanan darah tetap normal, Ma. Hal ini disebabkan karena kandungan kalium yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu mengontrol tekanan darah tetap stabil.
  • Mengurangi risiko preeklamsia, mengandung serat yang cukup tinggi, ternyata membuat buah alpukat mampu mencegah timbulnya risiko preeklamsia pada ibu hamil.

Cara Mengonsumsi Alpukat

Setelah mengetahui beragam kandungan nutrisi dalam buah alpukat beserta manfaat yang ditawarkannya, berikut ini beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk mengolah buah alpukat agar tidak bosan:

1. Mengonsumsinya secara langsung

Pexels/Daria Shevtsova

Alpukat adalah buah yang kaya akan nutrisi dan juga menyehatkan tubuh. Cara paling mudah mengonsumsi buah alpukat adalah dengan menikmatinya langsung sebagai buah segar. Mama dapat memotong buah ini menjadi potongan kecil dan menikmatinya sebagai camilan.

Selain itu, Mama juga dapat mencampurkan potongan buah alpukat dengan sedikit gula untuk menambahkan rasa manis!

2. Membuatnya menjadi smoothie

Freepik

Smoothie buah alpukat adalah minuman yang menyegarkan ketika cuaca terasa sangat panas. Untuk membuatnya, Mama hanya perlu mencampur buah alpukat dengan buah-buahan lain, seperti pisang untuk tambahan rasa manis.

Tidak hanya itu, Mama juga bisa menambahkan yoghurt rendah lemak dan juga es batu untuk menambahkan nutrisi dan kesegaran pada smoothie alpukat yang Mama buat. Selain sehat, olahan alpukat ini juga bisa Mama jadikan sebagai menu sarapan di pagi hari.

3. Mengolahnya menjadi selai alpukat

Freepik/valeria_aksakova

Buah alpukat juga dapat Mama olah dengan menjadikannya sebagai selai. Mama apat membuat selai alpukat yang lezat dengan menghancurkan daging alpukat dan menambahkan sedikit madu atau maple syrup.

Selai yang lezat dan sehat ini, bisa Mama gunakan sebagai selai roti atau mencampurkannya ke dalam bubur oatmeal.

4. Mencampurnya pada salad

Freepik/chandlervid85

Ketika Mama hendak mengonsumsi salad sayur, Mama juga bisa menambahkan potongan alpukat ke dalam salad sayuran. Potongan buah alpukat akan memberikan rasa baru yang kaya serta tambahan tekstur yang unik pada salad.

5. Membuatnya menjadi alpukat goreng

Pixabay/FoodieFactor

Selain menjadikannya sebagai smoothie atau mencampurnya pada salad, buah ini juga dapat Mama oleh dengan menggorengnya menggunakan sedikit minyak, sehingga lapisan luarnya menjadi renyah dan tetap lembut di bagian dalam.

Olahan ini bisa menjadi lauk tambahan atau camilan yang nikmat.

6. Menjadikannya sebagai es alpukat

Freepik/jcomp

Selain mengolahnya menjadi camilan sehat, buah ini juga dapat Mama olah menjadi hidangan penutup yang lezat, lho! 

Mama dapat mengolahnya menjadi es alpukat dengan mencampur potongan alpukat dengan air, es, dan sedikit gula. Ini bisa menjadi minuman penyegar yang sehat.

7. Mengolahnya menjadi avocado toast

Freepik/BalashMirzabey

Buah alpukat juga dapat Mama olah dengan menjadikannya sebagai avocado toast. Mama hanya perlu menyiapkan satu buah alpukat matang, satu potong roti tawar, satu butir telur, dan garam serta lada secukupnya sebagai tambahan rasa.

Hancurkan buah alpukat lalu tambahkan garam dan lada, setelahnya taruh buah alpukat yang sudah dihancurkan pada bagian atas roti yang sudah Mama panggang. 

Kemudian, tambahkan telur mata sapi di atasnya. Menu ini bisa menjadi menu sarapan ibu hamil yang bergizi!

Itu tadi beberapa cara konsumsi alpukat untuk ibu hamil yang bisa Mama coba di rumah. Selamat mencoba!

Baca juga:

The Latest