TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Rekomendasi Obat Batuk Berdahak untuk Ibu Hamil yang Aman

Meski aman, jangan lupa untuk tetap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter

Freepik/benzoix

Batuk dapat menganggu kenyamanan ibu hamil dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Tak hanya itu, batuk pun akan menganggu Mama saat tidur di malam hari, terlebih jika batuk berdahak. Penyebab batuk beragam, mulai dari reaksi alergi, perubahan cuaca, hingga infeksi virus.

Batuk saat hamil, membuat Mama harus lebih selektif lagi dalam memilih obat batuk yang aman. Jika tidak, bukannya mendapatkan manfaatnya, justru kandungan pada obat batuk tersebut akan berpengaruh pada kesehatan kehamilan mama.

Nah, berikut ini Popmama.com akan mengulas daftar obat batuk berdahak untuk ibu hamil. Meski diklaim aman untuk ibu hamil, sebaiknya Mama tetap berkonsultasi lagi dengan dokter sebelum mengonsumsinya sebab kondisi kehamilan setiap orang berbeda-beda.

Kumpulan Obat Batuk Berdahak untuk Ibu Hamil

1. Benadryl

Shopee.co.id

Benadryl adalah obat batuk yang mampu membantu meredakan batuk yang disebabkan oleh alergi atau gangguan saluran pernapasan. Mengandung dipenhydramine yang bekerja untuk menekan dan mengurangi produksi lendir pada saluran pernapasan yang sebabkan batuk.

Dilengkapi kandungan amonium klorida yang berperan sebagai ekspektoran, sehingga mampu membuat dahak menjadi encer dan lebih mudah dikeluarkan.

Obat batuk yang satu ini dapat dikonsumsi sebanyak 4 kali sehari dengan jumlah tiap konsumsi sebanyak 10 ml. Obat ini dapat Mama dapatkan dengan harga sekitar Rp 27.000

2. Bisolvon Extra

Shopee.co.id

Obat batuk ini diformulasikan khusus untuk mengatasi batuk berdahak. Obat ini diklaim aman dikonsumsi ibu hamil. Bisolvon Extra mengandung bromhexine HCl yang berfungsi sebagai mukolitik sehingga mampu memecah dan mengencerkan dahak.

Tak hanya itu, obat ini dilengkapi dengan guaifenesin yang berperan sebagai ekspektoran sehingga memabtu mengeluarkan dahak secara bersama saat Mama batuk. Obat batuk ini dapat dikonsumsi sebanyak 3 kali sehari dengan dosis 10 ml setiap konsumsi.

Bisolvon Extra dapat Mama beli di apotek dengan harga sekitar Rp 93.000 – Rp 95.000.

3. Decadryl Expectorant

Shopee.co.id

Decadryl Expectorant adalah obat batuk yang dapat Mama konsumsi selama hamil untuk meredakan batuk berdahak. Berbasis sirup, obat batuk ini juga mengandung dipenhydramine yang mampu mengurangi produksi dahak pada saluran pernapasan.

Selain itu, obat batuk ini juga mengandung ammonium chloride yang dapat mengencerkan dahar sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Obat ini dapat diminum dengan takaran 1-2 sendok takar setiap 4 jam sekali. Tetapi, tidak boleh dikonsumsi lebih dari 14 sendok takar dalam sehari.

Obat batuk berdahak ini dapat Mama beli dengan harga sekitar Rp 19.500 – Rp 20.000.

4. Hufasulvon Extra

Shopee.co.id

Hufasulvon Extra adalah obat batuk berdahak yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Obat batuk ini mampu mengurangi batuk yang disertai dengan masalah pernapasan, seperti nyeri dada dan sesak napas.

Mengandung bahan aktif brohexine dan guaifenesin yang dapat membantu meredakan batuk berdahak dan mempermudah keluarnya dahak. Obat ini dapat dikonsumsi sebanyak 2 sendok teh setiap minum, dan dapat diminum sebanyak 3 kali sehari.

Hufasulvon Extra dapat Mama beli dengan harga sekitar Rp 6.000 – Rp 8.000.

5. Ikadryl Sirup

Shopee.co.id

Obat batuk ini berbentuk sirup sehingga dapat memudahkan Mama dalam mengonsumsinya. Selain aman dikonsumsi ibu hamil, Ikadryl Sirup dilengkapi dengan kombinasi kandungan diphenhydramine dan amonium klorida.

Kominasi keduanya dapat membantu mengurangi produksi lendir pada saluran pernapasan dan memudahkan pengeluaran dahak ketika batuk. Obat ini juga mampu melebarkan saluran pernapasan, sehingga napas akan terasa lebih lega.

Dapat diminum sebanyak 3 – 4 kali sehari, dengan dosis tiap konsumsi sebanyak 1 – 2 sendok takar. Obat batuk ini dapat dibanderol dengan harga sekitar Rp 18.600 – Rp 20.000.

6. Mucohexin

Shopee.co.id

Obat batuk ini memiliki manfaat untuk mengatasi batuk berdahak pada ibu hamil. Mucohexin mengandung bromhexine yang berfungsi sebagai ekspektoran yang dapat mengencerkan dahak sehingga mudah dikeluarkan saat batuk.

Tersedia dalam bentuk sirup, sehingga memudahkan Mama untuk mengonsumsinya. Obat ini aman diminum sebanyak 3 kali sehari dengan dosis 10 ml per konsumsi. Obat batuk ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 24.000 – Rp 26.500.

7. Sanadryl Ekspektoran Sirup

Shopee.co.id

Sanadryl Ekspektoran Sirup ini adalah obat batuk yang dapat Mama gunakan untuk meringankan batu berdahak yang terjadi selama kehamilan. Tak hanya meredakan batuk, obat ini juga mampu membantu penyembuhan pilek, lho!

Mengandung diphenhyramine yang membuatnya mampu mengurangi produksi dahak serta melebarkan saluran pernapasan. Dilengkapi juga dengan kandungan amonium kloruda yang berfungsi sebagai ekspektoran yang dapat mengencerkan dahak agar mudah dikeluarkan.

Tersedia dalam dua ukuran, yakni 60 ml dan 120 ml, obat batu ini dapat Mama dapatkan dengan harga Rp 17.000.

8. Siladex Expectorant

Shopee.co.id

Obat batuk sirup yang mampu membantu meringankan gejala batuk dan pilek selama kehamilan, karena dilengkapi dengan kandungan bromhexine HCl dan guaifenesin.

Ketiga bahan aktif di atas akan bekerja sebagai antitusif, antihistamin dan dekogestan yang akan meredakan batuk dan hidung tersumbat karena flu. Obat yang satu ini diklaim bebas gula dan alkohol.

Diminum sebanyak 3 kali sehari dengan dosis 10 ml setiap konsumsi, obat batuk ini dapat Mama beli dengan harga sekitar Rp 10.000 – Rp 21.000.

9. Silex

Shopee.co.id

Silex adalah obat batuk berbentuk cair yang diklaim mengandung bahan alami di dalamnya, seperti ekstrak thyme, menthol, dan minyak eucalyptus yang dapat membantu meredakan batuk berdahak.

Tak hanya itu, obat batuk ini juga mampu membantu melegakan tenggorokan yang kering dan disertai dengan pilek. Dapat dikonsumsi sebanyak 3 – 4 kali sehari, dengan dosis sebanyak 15 ml setiap dikonsumsi,

Obat batuk ini dapat Mama bisa Mama dapatkan dengan harga sekitar Rp 75.000 – Rp 85.000.

10. Vicks Formula 44

Shopee.co.id

Terakhir, obat batuk ini mengandung dextromethorphan HBr yang menjadikan Vicks Formula 44 efektif untuk meredakan batuk berdahak atau batuk tidak berdahak. Obat batuk ini juga diklaim mampu meredakan masalah pernapasan akibat batuk selama kehamilan.

Dilengkapi juga dengan doxylamine succinate yang berfungsi untuk mengatasi gejala alergi, seperti bersin-bersin, hidung berair, dan tenggorokan gatal. Obat ini dapat Mama konsumsi setiap empat jam sekali dengan maksimal konsumsi sebanyak enam kali sehari dengan dosis 10 ml per konsumsi.

Itu tadi daftar obat batuk berdahak untuk ibu hamil. Sekali lagi, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan ahli sebelum mengonsumsinya, Ma.

Baca juga:

The Latest