TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Hamil 8 Bulan: Perkembangan Janin dan Gejala yang Dirasakan

Pada usia kehamilan ini janin sudah dapat menangis di dalam kandungan, lho!

Pixabay/Marjonhorn

Seiring berjalannya waktu, usia kandungan mama kini semakin bertambah. Selain itu, ada banyak perubahan besar yang terjadi pada tubuh mama di usia kehamilan delapan bulan yang mungkin tak pernah terbayangkan sebelumnya.

Tak hanya untuk Mama, janin di dalam perut mama pun ikut mengalami pertumbuhan. Apalagi, tinggal menghitung hari ia akan segera hadir ke dunia ini. Tentu saja ada banyak hal yang perlu Mama persiapkan mulai saat ini.

Beberapa hal bahkan perlu Mama hindari untuk menjaga kehamilan tetap sehat dan bahagia menjelang masa persalinan nanti. 

Nah, apa saja sih yang dapat terjadi di hamil 8 bulan? Berikut Popmama.com telah merangkum informasinya dari berbagai sumber untuk Mama.

Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 8 Bulan

debate.org

Perubahan serta pertumbuhan besar telah terjadi pada janin selama delapan bulan masa kehamilan. Di usia ini, tahukah Mama kalau janin sudah bisa melakukan banyak hal di dalam sana?

Walau belum terlalu jelas, di usia ini si Kecil sudah bisa melihat, mendengar, dan merasakan setiap hal yang terjadi di luar kandungan. Pada usia kehamilan 32 minggu, ia bahkan sudah berputar dan memposisikan kepalanya menuju jalan lahir.

Pertumbuhan lain yang dapat membuat Mama terkagum-kagum adalah pada usia ini si Kecil bahkan sudah bisa menangis di dalam kandungan. Hal ini umumnya terjadi ketika janin memasuki usia 35 minggu. Selain itu, sistem pencernaan bayi juga sudah sempurna dan siap untuk menikmati ASI saat ia lahir nanti.

Ia juga sudah mulai mengurangi tendangannya karena ruang rahim yang semakin sempit. Tapi, jangan kaget ketika ia justru sesekali menendang lebih kencang ya, Ma. 

Sebagai tambahan, jika bayi mama laki-laki, pada usia ini buah zakarnya pun sudah mulai turun dari perut ke dalam skrotumnya.

Gejala yang Dirasakan saat Hamil 8 Bulan

Freepik/Prostooleh

Pertumbuhan ukuran janin di dalam sana sudah pasti membuat banyak perubahan. Dimulai dari punggung mama yang lebih sering terasa sakit hingga kontraksi palsu terus-menerus.

Kemudian, Mama juga lebih sering buang air kecil karena posisi kepala janin yang sudah berada di bawah akan menekan kandung kemih. Oleh karena itu, Mama perlu mengimbanginya dengan konsumsi air mineral agar terhindar dari dehidrasi, ya.

Pada periode ini Mama juga akan mengalami beberapa gejala lainnya seperti nyeri pada payudara, sesak napas, lebih mudah gerah, wasir, hingga kesemutan.

Insomnia juga terjadi pada usia kandungan delapan bulan karena posisi tidur yang mulai tidak nyaman atau terbangun untuk pergi ke toilet.

Perubahan Tubuh Bumil di Bulan ke-8 Kehamilan

Freepik/Yanalya

Perubahan tubuh yang paling signifikan terlihat pada ukuran baby bump mama. Selain itu, bentuk perut mama pada usia ini juga cenderung lebih menonjol serta sedikit condong ke bawah karena posisi kepala bayi yang sudah berputar menuju jalan lahir.

Perubahan lainnya terjadi pada bentuk dan ukuran kaki. Rahim yang membesar menyebabkan pembuluh darah tertekan sehingga aliran darah tidak berjalan lancar. Produksi cairan tubuh yang meningkat juga menjadi salah satu penyebabnya. Namun, Mama tak perlu khawatir karena hal ini normal terjadi pada saat hamil 8 bulan.

Pastikan untuk mendapatkan alas kaki baru yang nyaman serta ukuran yang sesuai dengan perubahan kaki mama saat ini. Hindari untuk memakai sepatu hak atau heels berukuran tinggi demi menghindari hal yang berisiko membahayakan Mama dan janin.

Lakukan dan Hindari Hal Ini Saat Memasuki Usia Kehamilan 8 Bulan

Freepik/Freepik

Untuk menjaga Mama dan janin tetap sehat sampai masa persalinan, tentu ada beberapa hal yang perlu dilakukan serta dihindari. Dengan demikian, Mama dapat menjalani periode akhir kehamilan dengan nyaman. 

  • Beberapa hal yang disarankan untuk Mama lakukan, misalnya seperti:
    1. Habiskan waktu bersama orang terdekat untuk menjaga emosi tetap stabil
    2. Lakukan meditasi atau yoga agar lebih rileks dan tenang
    3. Tentukan tempat bersalin yang tepat
    4. Olahraga secara teratur
    5. Cukupi asupan nutrisi
    6. Persiapkan nama dan kebutuhan bayi
    7. Tetap lakukan pemeriksaan rutin
     
  • Beberapa hal yang perlu Mama hindari, misalnya seperti:
    1. Aktivitas fisik yang berat
    2. Melakukan olahraga ekstrem
    3. Bepergian jarak jauh
    4. Merokok
    5. Tidur telentang
    6. Membersihkan kandang hewan
    7. Berendam di air panas

Nah, itulah tadi informasi tentang hamil 8 bulan. Semoga dengan rangkuman informasi ini, bumil bisa tetap sehat sampai hari persalinan tiba, ya!

Baca juga:

The Latest