TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Gerakan Janin Terasa sampai Miss V, Apakah Tanda akan Melahirkan?

Kondisi ini bisa membuat ibu hamil terasa tidak nyaman, bahkan sampai mengalami nyeri pada vagina

Freepik/pvproductions

Saat hamil tua, tubuh akan mengalami banyak kondisi dan gejala yang tidak biasanya terjadi. Hal ini merupakan hal yang wajar, sebab menjelang persalinan, tubuh akan memberikan tanda-tanda terlebih dahulu.

Tak jarang, setiap perubahan yang terjadi pada tubuh seringkali diduga sebagai tanda akan melahirkan. Meski begitu, Mama tidak boleh asal menduga begitu saja. Mama perlu mengenali apa saja yang menjadi tanda-tanda melahirkan agar tidak mendiagnosa diri sendiri.

Salah satu kondisi yang terjadi saat memasuki trimester akhir adalah gerakan janin terasa sampai vagina atau miss v. Kondisi ini bisa membuat ibu hamil terasa tidak nyaman, bahkan sampai mengalami nyeri pada vagina.

Lantas, gerakan janin terasa sampai miss v, apakah tanda akan melahirkan? Berikut ini Popmama.com telah merangkum informasinya untuk Mama. Yuk, disimak!

Penyebab Gerakan Janin Terasa sampai Miss V

Freepik/rawpixel.com

Memasuki trimester ketiga kehamilan, gerakan janin akan semakin terasa. Beberapa kali mungkin ibu hamil akan merasakan gerakan si Kecil terasa sampai miss v. 

Hal ini sebenarnya wajar terjadi sebab kehamilan dapat membuat otot dasar panggul melemah, sehingga membuat gerakan bayi terasa hingga vagina. 

Selain itu, bertambahnya berat badan ibu hamil juga dapat memengaruhi hal ini terjadi, terutama di trimester akhir di mana rahim akan memberi tekanan yang lebih besar pada tubuh bagian bawah.

Apakah Menjadi Salah Satu Tanda Persalinan?

Freepik/our-team

Saat kehamilan sudah memasuki bulan-bulan terakhir, akan ada banyak tanda-tanda menuju persalinan yang akan dirasakan oleh ibu hamil.

Salah satu tanda yang akan muncul adalah gerakan janin yang terasa sampai vagina. Gerakan janin yang terasa ini merupakan pertanda bahwa posisi janin sudah memasuki panggul. 

Meski menjadi tanda siap melahirkan, kondisi ini bukan berarti ibu hamil perlu pergi ke rumah sakit dengan segera. Pembukaan persalinan dapat terjadi apabila ibu hamil dapat merasakan berbagai gejala lain, seperti pecahnya ketuban atau tanda-tanda persalinan lainnya. 

Sebaiknya amati tanda-tanda lainnya sebelum memutuskan untuk pergi ke rumah sakit. Jika gerakan janin ini terus-terusan hingga menyebabkan nyeri, sebaiknya lakukan aktivitas yang dapat membuat tubuh rileks.

Cara Mengurangi Nyeri pada Miss V

Freepik/onlyyouqj

Saat gerakan janin semakin terasa di bagian miss v, tubuh bagian bawah akan terasa nyeri. Hal ini tentunya membuat ibu hamil tidak nyaman, bahkan mengalami kepanikan.

Untuk mengatasinya, Mama dapat melakukan berbagai hal yang dapat membuat rileks, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Banyak minum air putih

Freepik/pch.vector

Jika gerakan janin pada panggul mengakibatkan nyeri, sebaiknya Mama menenangkan diri terlebih dahulu agar nyeri yang terasa dapat berangsur-angsur menghilang.

Mama dapat meminum air putih yang banyak untuk membuat tubuh rileks dan menjaga tubuh tetap terhidrasi.

2. Melakukan senam kegel

Freepik/prostooleh

Senam kegel dapat membantu ibu hamil agar lebih rileks. Mama dapat melakukan gerakan yang mengencangkan otot-otot dasar panggul seolah sedang menahan buang air kecil. Mama dapat melakukan gerakan ini selama 10 detik.

Senam dasar panggul kegel ini juga dapat memperkuat otot yang digunakan tubuh untuk mendorong bayi keluar saat persalinan.

3. Mandi air hangat

Freepik

Mandi air hangat juga dapat membuat tubuh rileks, Ma. Jika Mama merasakan nyeri pada miss v akibat gerakan janin, Mama dapat mandi dengan air hangat. Pastikan suhu air tidak terlalu panas atau hangat-hangat kuku agar memberi efek relaksasi. 

Selain berendam, Mama juga dapat mengompres bagian yang nyeri selama kurang lebih 10 menit.

4. Meregangkan punggung dan pinggul

Freepik/yanalya

Jika setelah memasuki trimester akhir tubuh mama sering mengalami nyeri dari gerakan janin, Mama dapat melakukan peregangan pada punggung dan pinggul. Hal ini dapat menghilangkan rasa sakit dan tekanan pada area miss v.

Jadi, gerakan janin terasa sampai miss v, apakah tanda akan melahirkan? Jawabannya, ya, bisa jadi salah satu pertanda akan melahirkan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Mama perlu memperhatikan tanda-tanda persalinan yang lain sebelum memutuskan ke rumah sakit. Jika tidak disertai tanda lain, Mama dapat melakukan cara di atas untuk merelaksasi tubuh atau menghubungi dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Semoga membantu, Ma!

Baca juga:

The Latest