TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Amankah Mengonsumsi Telur Ayam Kampung Mentah Menjelang Persalinan?

Telur ayam kampung mentah dipercaya bisa menambah stamina

Freepik/Jcomp

Di akhir trimester, ibu hamil mulai bersiap untuk persalinan. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan tertentu untuk menambah stamina saat menghadapi persalinan.

Mama mungkin pernah mendengar soal khasiat telur ayam kampung mentah. Konsumsi telur ayam kampung mentah dipercaya bisa meningkatkan stamina. Karena itu, ibu hamil mungkin disarankan untuk mengonsumsinya jelang persalinan.

Namun, apakah ibu hamil boleh mengonsumsi telur ayam kampung mentah menjelang persalinan untuk meningkatkan stamina? Nah, sebelum Mama mengonsumsinya, simak dulu penjelasannya pada ulasan Popmama.com berikut ini.

Kandungan Gizi Telur Ayam Kampung

Pexels/Klaus

Setiap 100 gram ayam kampung mengandung:

  • Protein: 16.3 g
  • Energi: 251 kkal
  • Karbohidrat: 1,4 g
  • Lemak: 19,4 g
  • Fosfor: 250 mg
  • Kalsium: 62 mg
  • Besi: 2,5 mg
  • Vitamin A: 36 mcg
  • Karoten: 221 mcg

Selain itu, ayam kampung juga mengandung vitamin B1, omega-3, dan antioksidan.

Manfaat Telur Ayam Kampung untuk Ibu Hamil

Freepik/stockingg

Telur ayam kampung dipercaya dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan, termasuk bagi ibu hamil. Berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari konsumsi telur ayam kampung saat hamil:

  • Meningkatkan energi

Mengonsumsi telur ayam kampung bisa membuat tubuh lebih bertenaga. Ini berkat kandungan protein, lemak, dan fosfor pada telur ayam kampung. Selain itu, telur ayam kampung juga mengandung zat besi dan zinc yang berperan dalam menambah energi, Ma. Ini cocok sekali bagi ibu hamil yang mudah lelah.

  • Mencegah pengeroposan tulang

Kepadatan tulang bisa menurun seiring pertambahan usia, sehingga dapat membuat tulang menjadi keropos. Makanan makanan kaya protein, kalsium, kalium, dan fosfor dapat membantu Mama mencegah pengeroposan tulang. Semua itu bisa diperoleh dari konsumsi telur ayam kampung.

  • Memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit

Daya tahan tubuh bisa diperkuat dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein, beta karoten, dan zinc. Nutrisi tersebut bisa diperoleh lewat konsumsi telur ayam kampung, Ma. Zat-zat gizi tersebut dapat mengaktifkan sel-sel imun. Hasilnya, tubuh jadi lebih kuat dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

  • Menjaga kesehatan rambut dan kuku

Biotin dan asam amino bisa membuat rambut berkilau, tidak mudah rontok dan patah. Berita baiknya, Mama bisa memenuhi asupan biotin dan asam amino dengan mengonsumsi telur ayam kampung. Selain rambut yang sehat, konsumsi biotin dan asam amino juga membuat kuku ibu hamil tidak mudah patah.

  • Mendukung kesehatan otak

Kuning telur ayam kampung kaya akan kandungan kolin yang diketahui berdampak baik pada fungsi otak dalam mengingat, berpikir, dan memproses informasi.

Amankah Mengonsumsi Telur Ayam Kampung Mentah Menjelang Persalinan?

Freepik/azerbaijan_stockers

Saat persalinan, ibu hamil membutuhkan tenaga dan stamina agar bisa melalui proses persalinan yang tidak mudah ini.

Mama mungkin pernah mendengar khasiat telur ayam kampung mentah untuk meningkatkan stamina. Apakah ada yang menyarankan Mama untuk mengonsumsi telur ayam kampung mentah agar kuat menjalani persalinan? Jika ya, jangan dilakukan, Ma.

Meski telur ayam kampung mentah dipercaya bisa meningkatkan stamina, namun ibu hamil harus menghindari konsumsi makanan mentah.

Telur mentah menjadi salah satu makanan mentah yang harus ibu hamil hindari. Mama ingin tahu alasannya mengapa? Rupanya ini karena ada kemungkinan telur mentah mengandung bakteri salmonella.

Jika Mama mengonsumsi telur mentah yang mengandung salmonella, maka Mama dapat mengalami mual, muntah, diare, kram perut hingga demam.

Bahkan dalam beberapa kasus, mengonsumsi telur mentah atau setengah matang saat hamil dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur.

Jadi, demi kesehatan Mama dan juga janin, konsumsi telur yang sudah dimasak hingga matang saja, ya, Ma selama hamil.

Alih-alih mengonsumsi telur ayam kampung mentah, Mama sebaiknya mengonsumsi makanan kaya nutrisi untuk mempersiapkan tenaga untuk bersalin.  

Risiko Mengonsumsi Makanan Mentah

Freepik

Makanan mentah merupakan sarang virus, bakteri, atau parasit yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Ibu hamil lebih rentan terhadap keracunan makanan, karena kehamilan mengubah populasi mikroba di usus. Hal ini juga mengubah metabolisme dan melemahkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil.

Muntah dan diare akibat keracunan makanan dapat menyebabkan dehidrasi pada ibu hamil. Kasus yang serius mungkin memerlukan rawat inap dan hidrasi dengan cairan intravena.

Ibu hamil dapat menularkan racun akibat keracunan makanan kepada janin melalui aliran darah. Dalam kasus yang parah, keracunan darah ini bisa menyebabkan keguguran dan lahir mati.

Alih-alih mengonsumsi telur ayam kampung mentah, Mama dapat mempersiapkan persalinan dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi, ya.

Jadi, ibu hamil tidak disarankan untuk mengonsumsi telur kampung mentah saat menjelang persalinan. Konsultasikan dengan dokter mengenai makanan atau minuman apa yang baik untuk menambah stamina menjelang persalinan.

Baca juga:

The Latest