2023 MACAN Gala, Lelang 10 Karya Seniman Besar Indonesia

2023 MACAN Gala kembali hadir dengan 10 karya seniman besar Indonesia yang memukau

26 Agustus 2023

2023 MACAN Gala, Lelang 10 Karya Seniman Besar Indonesia
Popmama.com/Gracia

Museum MACAN kembali mengadakan salah satu acara terbesarnya tahun ini, yaitu 2023 MACAN Gala. Dimana, akan dilakukan lelang untuk 10 karya seniman besar Indonesia. Hasil dari pelelangan akan disalurkan untuk mendukung program pendidikan dan komunitas di bawah Museum MACAN.

Tak hanya 10 karya para seniman yang terlihat fenomenal, namun para tamu undangan yang terdiri dari filantropis, kolektor dan para artis ternama Indonesia turut memeriahkan acara ini.

Berjalan menyusuri red carpet, masing-masing figur ini terlihat menawan dalam balutan busana bertema whimsical.

Berikut, Popmama.com rangkumkan 2023 MACAN Gala, lelang 10 karya seniman besar Indonesia.

1. Menunjukkan 10 karya yang akan dilelang

1. Menunjukkan 10 karya akan dilelang
Popmama.com/Gracia

Ketika tiba di lokasi 2023 MACAN Gala, kamu bisa melihat 10 buah karya seniman hebat Indonesia. Masing-masing karya menggunakan berbagai unsur seni yang berbeda, mulai dari benang, cat akrilik, buffalo, sampai kardus. Yang dapat mengekspresikan pemikiran penciptanya, dituangkan dalam sebuah karya yang tak terlupakan.

Karya yang akan dilelang diantaranya adalah dari Agung Kurniawan, Alexander Sebastianus Hartanto, FX Harsono, Goenawan Mohamad, Hendrik Paulides, Irfan Hendrian, Isabel dan Alfredo Aquilizan, Jumaadi, Sunaryo, serta sebuah tas Fendi Medium Baguette yang dilukis oleh I Putu Adi Suanjaya (Kencut).

Editors' Pick

2. Mendukung penuh perkembangan seni di Indonesia

2. Mendukung penuh perkembangan seni Indonesia
Popmama.com/Gracia

Fenessa Adikoesoemo, Ketua Yayasan Museum MACAN, mengatakan bahwa melalui Museum MACAN, generasi muda dapat memperkaya pengalaman hidup mereka dengan pengalaman seni yang bermakna. Museum MACAN sudah mulai fokus pada program pendidikan seni di Indonesia, sejak 2017.

Hasilnya, lebih dari 900,000 pengunjung, diantaranya 272,000 siswa dan anak-anak yang mengunjungi Museum MACAN untuk belajar tentang seni. Program kepedulian pada pendidikan seni dari Museum MACAN juga telah melibatkan sejumlah siswa yang serta sejumlah jejaring guru. Fenessa juga mengatakan, “Sumber materi pendidikan yang kami hasilkan dikembangkan agar dapat terintegrasi dengan kurikulum pendidikan Indonesia.”

Tim museum juga telah bekerja dengan 736 sekolah dan 3,162 pendidik dari 23 provinsi di seluruh Indonesia melalui inisiatif jangkauan luring dan daring. Museum MACAN berharap dapat melanjutkan misi untuk mengubah masa depan ribuan anak muda melalui seni.

3. Bekerja sama dengan berbagai brand ternama Indonesia

3. Bekerja sama berbagai brand ternama Indonesia
Popmama.com/Gracia

Tak hanya Museum MACAN yang peduli dengan kesenian di Indonesia, namun terdapat beberapa pihak lainnya yang turut mendukung pendidikan seni di Indonesia. Ketika di temui pada 25 Agustus 2023, Mark Lettenbichler, General Manager dari St. Regis Jakarta, berkata, “The St. Regis Jakarta dengan bangga mendukung 2023 MACAN Gala, acara penggalangan seni terdepan yang memberikan dampak berarti bagi seni dan budaya di Indonesia, melalui pameran-pameran berskala internasional, program publik, kegiatan edukasi yang menyenangkan, serta membuat seni dapat diakses oleh ribuan anak muda.

Selain, St. Regis adapula Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia, yang menyampaikan bahwa, “BMW Group melanjutkan tanggung jawab sosialnya melalui keterlibatan budaya dan secara aktif terlibat dalam berbagai proyek di seluruh dunia. Mulai dari seni kontemporer hingga modern, musik klasik hingga jazz, juga arsitektur dan desain.”

4. Pilih tema whimsical untuk dress code

4. Pilih tema whimsical dress code
Popmama.com/Gracia

Seperti pada MACAN Gala sebelumnya yang selalu menunjuk satu tema untuk dress code para undangan, tahun ini 2023 MACAN Gala mengambil tema whimsical sebagai dress code. Whimsical dapat diartikan sebagai tidak biasa dan aneh dengan cara yang mungkin lucu atau menjengkelkan. Dalam gaya berbusana sendiri, whimsical dapat ditunjukkan melalui busana dengan berbagai variasi warna, dan memiliki kemampuan alami untuk memadupadankan warna, pola, dan tekstur. 

Gaya whimsical jarang terlihat dalam warna hitam, sebaliknya warna biru cerah, merah muda, dan hijau, dengan sesekali warna netral seperti kelabu tua atau coklat, sangat sering digunakan. Gaya whimsical mungkin cocok untuk kamu yang ingin terlihat fun, unique and bold, beda dari orang-orang di ruangan.

5. Dihadiri para artis ibukota 

5. Dihadiri para artis ibukota 
Popmama.com/Gracia

2023 MACAN Gala dimulai dengan sesi red carpet pada pukul 18:30 WIB di St. Regis Jakarta. Acara ini dihadiri oleh para duta 2023 MACAN Gala dan para artis ibukota, yaitu Adinia Wirasti dan Michael Wahr, Andien, Ario Bayu dan Valentine Payen-Wicaksono. Adapun, Asmara Abigail, Ayla Dimitri, Angga Yunanda dan Shenina Cinnamon, Omar Daniel, Titi DJ, Titi Radjo Padmaja, Vidi Aldiano dan Sheila Dara Aisha.

Terdapat berbagai artis yang siap untuk berkontribusi dalam acara pelelangan, bertujuan mengembangkan pendidikan seni Indonesia. Diantaranya Angga Yunanda dan Shenina Cinnamon yang berkata tertarik dengan salah satu karya yang dipajang.

Sedangkan, Vidi Aldiano dan Sheila Dara Aisha, menyebutkan mungkin akan ikut lelang jika ada karya yang menarik.

Masing-masing artis ibukota ini hadir dengan busana bergaya whimsical, khasnya sendiri. Tentunya, banyak busana yang dapat menarik perhatian dan dijadikan inspirasi untukmu!

Itu tadi, 2023 MACAN Gala, lelang 10 karya seniman besar Indonesia. Sungguh, acara yang wajib diikuti setiap tahunnya, untuk mendukung keberlanjutan seni di Indonesia, ya.

Baca juga:

The Latest